Ketua MPR RI Minta KKB Ditumpas Habis, OPM Akui Tembak Kabinda Papua Hingga Tewas
Instagram/bambang.soesatyo
Nasional

Di sisi lain, Organisasi Papua Merdeka (OPM) telah mengakui bahwa pihaknya bertanggungjawab atas penembakan Kepala BIN Daerah Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

WowKeren - Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, dilaporkan tewas usai ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Minggu (25/4). Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo alias Bamsoet, lantas meminta aparat keamanan untuk menumpas habis KKB di Papua.

Bamsoet meminta agar aparat keamanan tak ragu dalam menghadapi KKB di Papua. Menurut Bamsoet, urusan hak asasi manusia (HAM) bisa dibicarakan belakangan.

"Saya meminta pemerintah dan aparat keamanan tidak ragu dan segera turunkan kekuatan penuh menumpas KKB di Papua yang kembali merenggut nyawa," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (26/4). "Tumpas habis dulu. Urusan HAM kita bicarakan kemudian."

Selain Brimob Polri, Bamsoet juga mengusulkan agar empat matra terbaik diturunkan dalam menumpas KKB. Yakni Gultor Kopassus, Raiders, Bravo, dan Denjaka.


Langkah tersebut dinilai Bamsoet dapat diambil lantaran tindakan KKB di Papua beberapa waktu terakhir ini sudah sangat meresahkan. Dalam bulan ini saja, sudah ada laporan tentang seorang guru dan seorang pelajar SMA yang ditembak di Kabupaten Puncak Papua.

"Aparat TNI, Polri serta intelijen harus terus melakukan pengejaran dan menindak tegas terhadap KKB tersebut tanpa ragu dengan kekuatan penuh yang kita miliki," tegas Wakil Ketua Umum Partai Golkar tersebut. "Kita tidak boleh membiarkan kelompok separatis terus melakukan tindakan yang mengakibatkan korban jiwa."

Di sisi lain, Organisasi Papua Merdeka (OPM) telah mengakui bahwa pihaknya bertanggungjawab atas penembakan Kabinda Papua. Menurut Juru Bicara Tentara Nasional Papua Barat (TNPB)-OPM, Sebby Sambom, Kabinda Papua tewas tertembak peluru nyasar dalam kontak senjata.

"Tertembaknya Kabin Papua, Brigjen Gusti Putu tertembak peluru nyasar TPNPB," jelas Sebby kepada CNN Indonesia. "Karena TNI-Polri anggap remeh pasukan TPNPB. Jadi semua pasukan TNI-Polri adalah musuh dan menjadi target TPNPB."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait