Baku Tembak Antara TNI-Polri Dengan KKB Papua Kembali Terjadi Usai Kasus Penembakan Kabinda
Nasional

KKB Papua kembali berulah dan melakukan tindak kriminal meski telah ditetapkan pemerintah sebagai teroris. Baku tembak antara TNI-Polri dengan KKB Papua kembali terjadi di Illaga pada Kamis (6/5).

WowKeren - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua masih saja melayangkan aksi jahatnya. Pemerintah telah menetapkan KKB Papua sebagai kelompok terorisme. Meski demikian, hal itu tampaknya semakin membuat mereka brutal.

Belakangan, KKB wilayah Pegunungan Illaga, Papua yang kini tengah diburu oleh TNI-Polri kembali berulah. Mereka kembali melakukan penembakan ke arah aparat TNI-Polri.

Kastagas Humas Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Al Qudusy membenarkan peristiwa tersebut. "Bahwa benar pada hari Kamis, 6 Mei 2021 pukul 19.07 WIT telah terjadi kontak tembak antara TNI-Polri dan KKB di kampung Kimak Distrik Illaga Kabupaten Puncak," terang Iqbal.

Iqbal menyebut bahwa sejumlah masyarakat memilih untuk mengamankan diri ke Kota Illaga. Hal itu dikarenakan mereka takut jika KKB tiba-tiba juga akan menyerang posko aparat. Sementara itu, saat TNI-Polri sedang melakukan pengejaran dan meningkatkan keamanan di sekitar Kota Illaga.


Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan KKB Papua sebagai kelompok terorisme. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Mahfud turut memberikan instruksi para aparat untuk segera mengamankan orang-orang yang tergabung dalam kelompok itu.

Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yang melakukan tindakan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018.

Sebagai informasi, pemerintah menetapkan KKB Papua sebagai teroris usai penembakan kepada Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha. Peristiwa tersebut menyebabkan Danny tewas pada Minggu (25/4) pukul 15.50 WIT.

Kejadian itu bermula saat Satgas BIN melakukan patroli bersama Satgas TNI-Polri menuju Kampung Dambet. Kemudian tiba-tiba mereka disergap oleh KKB Papua dan terjadi aksi baku tembak.

Seperti yang diketahui, terorisme saat ini masih menjadi permasalahan besar yang dihadapi dan perlu ditangani oleh Indonesia. Pemerintah sendiri tengah berusaha keras dalam menanggulangi permasalahan tersebut.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru