Gus Miftah Tanggapi Soal Tradisi Berbagi Hampers Di Momen Idul Fitri, Sesuaikah Dengan Kaidah Islam?
Instagram/gusmiftah
Selebriti

Momen lebaran Idul Fitri identik dengan berbagi hampers atau parcel. Lantas kini Gus Miftah buka suara untuk menanggapi tradisi yang biasa terjadi di momen Lebaran itu.

WowKeren - Tinggal menghitung hari momen Idul Fitri akan tiba. Biasanya umat muslim akan merayakan momen tersebut bersama keluarga dekat. Di Indonesia sendiri akhirnya muncul tradisi mudik Lebaran.

Namun lantaran pandemi COVID-19 yang masih belum usai membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik. Lantas baru-baru ini Gus Miftah buka suara untuk menanggapi kebijakan tersebut.

Menurutnya, ia sendiri mengaku setuju untuk tidak mudik dahulu karena masih pandemi COVID-19. "Kalau saya bagaimanapun karena masih pandemi ya kita menghargai peringatan pemerintah untuk tidak mudik," kata Gus Miftah saat ditemui di kawasan Jakarta, Selasa (11/5).

Selain itu, bagi Gus Miftah menjalin silaturrahmi dengan keluarga di momen Idul Fitri tidak harus dilakukan secara langsung. Mengingat teknologi kini makin canggih, silaturahmi bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk secara daring.


"Silaturahmi itu tidak harus secara langsung, karena 'Sila' itu artinya nyambung dan 'Rahmi' itu artinya kasih sayang, artinya walau dari jarak jauh atau secara daring, kita tetap bisa menyambung silaturahmi, yang berbeda paling hanya atmosfer aja," kata Gus Miftah.

Lebih lanjut, Gus Miftah juga menanggapi soal tradisi berbagi bingkisan parcel di momen Idul Fitri. Menurutnya, tradisi itu sah-sah saja dilakukan dan tidak menyalahi kaidah dalam ajaran agama Islam.

Gus Miftah menerangkan berbagi bingkisan atau parcel sama halnya dengan bersodaqoh bila diberikan kepada orang yang membutuhkan. Dan tetap akan menjadi sebuah kebaikan bila diberikan kepada orang yang mampu.

"Parcel itu kan bagian dari sodaqoh, konteksnya kalau kepada orang yang tidak punya, ya kita sodaqoh, kalau kepada orang yang punya ya dalam rangka menjalin rasa cinta, jadi kalau disampaikan dalam bentuk cinta, saya pikir ya tidak masalah," pungkas Gus Miftah.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait