Birthday Spotlight: Happy Suho Day
Twitter/weareoneexo
Selebriti
Birthday Spotlight

Suho merayakan ulang tahunnya yang ke-30 (31 tahun menurut perhitungan Korea) pada hari ini, 22 Mei. Simak perjalanan karir pelantun 'Let's Love' tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, idol populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Suho EXO.

Suho merayakan ulang tahunnya yang ke-30 (31 tahun menurut hitungan Korea) pada hari ini, 22 Mei. Pemilik nama asli Kim Junmyeon tersebut menghabiskan ulang tahunnya kali ini dalam masa tugas wajib militer. Simak perjalanan karir Suho mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Suho adalah warga asli Seoul dan tinggal di daerah Apgujeong bersama keluarganya. Semasa mudanya, Suho adalah ketua kelas di Sekolah Dasar dan wakil ketua badan siswa sekolahnya. Dia lulus dari SMA Whimoon yang bergengsi, di mana dia unggul secara akademis.

Suho menjadi trainee melalui SM Entertainment's Casting System pada tahun 2006 ketika dia berusia 16 tahun (perhitungan Korea), setelah ditemukan di jalan oleh seorang manajer casting SM. Pada tahun 2007, ia berperan dengan peran cameo dalam film Super Junior, "Attack on the Pin-Up Boys".

2. Debut


Debut

Suho secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai member EXO-K pada 15 Februaari 2012 dan EXO debut dengan merilis mini album "MAMA" pada 8 April 2012. EXO-K menjalani kegiatan promosi selama kurang lebih dua bulan, namun lagu debut mereka yang berjudul sama kurang mendapat tanggapan hangat dari publik.

Meski begitu, baik EXO-K maupun "grup kembaran" mereka, EXO-M, meraih hasil yang sangat baik dalam penjualan album fisik di mana mini album "MAMA" versi Korea dan Mandarin terjual sekitar 500 ribu copy di 2012. EXO juga menjalani masa hiatus yang cukup panjang sebelum mereka comeback dengan full album pertama yang berjudul "XOXO".

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Album "XOXO" memuat title track berjudul "Wolf" yang mengantarkan EXO meraih piala kemenangan pertama mereka di acara musik. D.O. dan kawan-kawan membawa pulang trofi "Music Bank" pada 14 Juni 2013.

Pada 5 Agustus 2013, EXO merilis album repackage berjudul "Growl" di mana title track-nya sukses menjadi mega hits dan membuat mereka menjadi boy grup nasional. "Growl" juga berjasa memberikan EXO beberapa trofi Daesang dari ajang penghargaan Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards serta Seoul Music Awards.

Dan lewat album "Growl" pula EXO dinobatkan sebagai million seller dan sukses menghidupkan kembali pasar album fisik yang sempat lesu. EXO juga menjadi penyanyi pertama di Korea Selatan yang berhasil menjual satu juta copy album dalam 12 tahun.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada bulan Maret 2016, Suho membuat debut layar lebar film indie "One Way Trip", yang ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Busan ke-20. Pada April 2016, ia dikonfirmasi untuk membintangi drama web "How Are U Bread" di mana ia menjadi pemeran utama. Pada Juli 2016, Suho dan Chen merilis duet berjudul "Beautiful Accident" sebagai OST untuk film Tiongkok dengan judul yang sama.

Suho berperan sebagai pemeran utama pria dalam drama spesial MBC "The Universe Star", bagian dari trilogi drama "Three Color Fantasy" pada Januari 2017 dan merekam OST berjudul "Starlight" untuk drama tersebut. Pada Februari 2017, ia berkolaborasi dengan pianis jazz Song Young Joo di "Curtain", single terakhir dari musim pertama proyek Station. Pada September 2017, Suho dipastikan menjadi pemeran utama pria dalam film "Female Middle Schooler A".

Pada Maret 2018, Suho berkolaborasi dengan Jang Jae In dan merilis dua duet berjudul "Dinner" dan "Do you have a moment". Pada Mei 2018, Suho membintangi adaptasi Korea Selatan dari drama Jepang 2012 "Rich Man, Poor Woman". Dari Juli hingga Agustus 2018, Suho membintangi musikal "The Man Who Laughs" dan memerankan Gwynplaine, karakter murni dengan wajah seperti monster. Pada 28 Oktober 2019, Film VR berjudul "The Present" dirilis di mana Suho berperan sebagai pengusaha muda Ha-Neul.

Pada 30 Maret 2020, Suho merilis mini debutnya, "Self-Portrait" dan single utamanya "Let's Love", menjadi member EXO keempat yang memulai debutnya sebagai artis solo. Mini albumnya debut di nomor satu di Gaon Album Chart dan telah terjual lebih dari 290.338 copy di Korea Selatan. Pada 14 Mei, Suho mendaftar untuk wajib militer sebagai petugas layanan publik.

5. Kontroversi


Kontroversi
Twitter/suhounionglobal

Sejak debutnya pada 2012 hingga sekarang, Suho belum pernah sekali pun dililit kontroversi. Leader EXO itu dikenal memiliki imej dan reputasi yang bersih dan jauh dari skandal, bersama dengan kemampuannya yang mumpuni baik di bidang musik, akting, maupun musikal. Namun, Suho sempat menjadi perhatian terkait rumor yang menimpa sang ayah.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

D.O. memulai tugas wajib militer pada 14 Mei 2020 dan bertugas di bagian layanan publik serta membintangi musikal militer. Dia akan merampungkan tugasnya tahun depan. Setelah menyelesaikan dinas militernya nanti, Suho dipastikan akan kembali beraktivitas sebagai member EXO.

Selain itu, penggemar masih menantikan mini album kedua Suho serta berbagai kegiatan solo seperti drama, film, dan musikal. Sebagai idol multi talenta, nampaknya Suho tak akan nganggur setelah kembali dari wamil nanti.

You can share this post!

Related Posts