Kapal Angkut Ratusan Orang Terbakar di Perairan Malut, Para Penumpang Loncat ke Laut
Twitter/BasarnasTernate
Nasional

Menurut Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, pihaknya menerima informasi kejadian kapal terbakar tersebut pada Sabtu (29/5) pagi sekitar pukul 08.30 WIT.

WowKeren - Sebuah kapal yang mengangkut ratusan penumpang dilaporkan terbakar di perairan Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara pada Sabtu (29/5) pagi ini. Kapal bernama KM Karya Indah diketahui memiliki rute perjalanan Manado-Ternate-Sanana.

Adapun video terbakarnya kapal tersebut turut dibagikan akun Instagram @ndorobeii. Dalam video tersebut tampak para penumpang mengenakan jaket pelampung berwarna oranye dan meloncat ke laut.

Kejadian ini telah dibenarkan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate. Menurut Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, pihaknya menerima informasi kejadian tersebut sekitar pukul 08.30 WIT.


"Pukul 08.30 WIT, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate terima info dari Kasat Pol Air Sanana, Sofyan, melaporkan bahwa kapal penumpang dengan nama KM Karya Indah dengan rute Ternate-Sanana mengalami kebakaran kurang lebih 5 Mil arah timur laut dari Pulau Lifamatola," tutur Arafah pada Sabtu hari ini.

Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana lantas berangkat menuju ke lokasi pukul 08.50 WIT. "Setelah menerima informasi, pukul 08.50 WIT, Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana berangkat menuju ke LKP untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan menggunakan RIB 01. Estimasi waktu tiba di LKP pukul 10.23 WIT," paparnya.

Sementara itu, Kepala KSOP Ternate, Affan Tabona, mengungkapkan bahwa kapal tersebut berangkat dari Ternate menuju Sanana pada Jumat (28/5) sekitar pukul 17.20 WIT. Kapal diperkirakan seharusnya tiba di Sanana pukul 10.00 WIT.

"Kebakaran itu infonya kami dapat sekitar jam 7 pagi," kata Affan. "Untuk jumlah penumpang yang tercatat 181 orang dan saat ini masih proses evakuasi dari Basarnas, KUPP Sanana dibantu warga."

Melansir laporan CNN Indonesia, sebanyak 181 penumpang KM Karya Indah dinyatakan selamat.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait