Kata Wagub DKI Soal Foto Viral Pengendara Motor Acungkan Jari Tengah ke Rombongan Pesepeda
Instagram/arizapatria
Nasional

Foto viral tersebut diambil di kawasan Duku Atas, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria lantas turut buka suara menanggapi foto viral tersebut

WowKeren - Media sosial dihebohkan dengan foto seorang pengendara sepeda motor yang mengacungkan jari tengah ke rombongan pesepeda road bike. Diketahui, foto tersebut diambil di kawasan Duku Atas, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria lantas turut buka suara menanggapi foto viral tersebut. Politisi Partai Gerindra tersebut meminta agar para pesepeda menggunakan jalan yang sesuai dengan jalurnya.

"Kami meminta pada teman-teman penggemar sepeda road bike, mari kita gunakan jalan sesuai dengan peruntukannya," tutur Riza pada Sabtu (29/5). "Bukan berarti tidak boleh menggunakan jalan, tapi diatur peruntukannya kapan, daerah mana, jalur mana."

Menurut Riza, pembagian jalur telah diatur demi menjamin keselamatan seluruh pengguna jalan. Baik pesepeda maupun pengendara kendaraan bermotor.

"Semua sudah diatur semata-mata tidak bermaksud membatasi, tapi lebih karena ingin memastikan keselamatan semuanya," paparnya. "Tidak hanya keselamatan pengguna transportasi lain, tapi justru pengguna itu sendiri karena jalur tersebut diperuntukan bagi mobil kendaraan umum kendaraan pribadi dan lain-lain, termasuk sepeda motor."


Lebih lanjut, Riza meminta agar seluruh pengguna jalan saling menghormati. Salah satunya pesepeda diminta tak memakan jalan kendaraan bermotor karena hal tersebut berbahaya.

"Kalau sepeda masuk di jalur umum seperti itu akan sangat berbahaya untuk itu kami minta ke depan mari kita saling jaga saling menghormati saling membatasi satu sama lain supaya di Jakarta bisa lebih baik lebih aman dan semua kita tata untuk kepentingan semua," terang Riza. "Jalur sepeda pada sejarah Jakarta di periode inilah pengguna sepeda mendapatkan tempat yang terhormat yang luar biasa. Namun demikian penghormatan ini agar digunakan dengan sebaik-baiknya disyukuri dengan cara gunakan jalur yang ada tidak menggunakan jalur yang bukan jalur sepeda."

Klarifikasi pesepeda

Instagram/@goshow.cc

Sementara itu, pihak kelompok pesepeda telah memberikan klarifikasi atas kejadian tersebut di akun Instagram @goshow.cc. Menurut keterangannya, para pesepeda terpaksa menggunakan jalur kanan karena ada bus yang menyeberang hendak mengarah ke underpass Dukuh Atas.

Para pesepeda disebut hendak kembali ke jalur kiri setelah jalan dirasa aman. Namun kemudian muncul pengendara sepeda motor yang mengacungkan jari tengahnya hingga mereka akhirnya viral di media sosial.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru