Eks Pimpinan KPK Sebut Polemik TWK Bisa Diselesaikan dengan Mudah Lewat Keppres
Instagram/official.kpk
Nasional

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan bahwa nasib akhir 75 pegawai yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) dapat diselesaikan dengan mudah lewat Keputusan Presiden.

WowKeren - Polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menjadi sorotan banyak pihak. Termasuk mantan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang.

Saut mengatakan bahwa nasib 75 pegawai yang tak lolos TWK tersebut dapat diselesaikan dengan Keputusan Presiden (Keppres). Jika polemik ini tak bisa diselesaikan dalam pemerintahan saat ini, ia berharap pemerintahan yang akan datang akan menuntaskannya.

Oleh sebab itu, Saut meminta 75 pegawai tersebut untuk tidak patah semangat karena harapan untuk menjadi ASN masih terbuka. "Untuk 75 yang belum dilantik, jagalah kesehatan dan tetap semangat di sisa waktu untuk nanti bakal diangkat dengan Keppres," kata Saut dalam keterangan tertulis, Rabu (2/6).

Dia melanjutkan, "Kalau tidak mungkin di era pemerintahan saat ini, pemerintahan yang akan datang akan mengangkatnya. Gampang itu dengan Keppres saja selesai."


Selain itu, dia juga berpesan kepada para pegawai yang telah dilantik sebagai ASN pada Selasa (1/6) kemarin. Dia mewanti-wanti mereka untuk bekerja keras menangani kasus korupsi di Indonesia.

"Ke dalam tidak ada satu pihak pun di KPK yang tidak bisa di-check and balances, demikian juga di luar KPK, setia saja di jalan itu," pungkas Saut.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah meminta KPK untuk tak menjadikan TWK sebagai dasar pemberhentian 75 pegawainya. Ia turut mengingatkan soal putusan Mahkamah Konstitusi bahwa peralihan menjadi ASN tak boleh merugikan hak pegawai.

Untuk menindaklanjuti arahan Presiden, KPK menggelar rapat bersama Kemenpan-RB dan BKN. Hasilnya, mereka akan memberhentikan 51 dari 75 pegawai KPK karena dianggap sudah tak bisa dibina di lembaga antirasuah tersebut. Sedangkan 24 pegawai lainnya akan mendapat pembinaan melalui pendidikan dan pelatihan bela negara serta wawasan kebangsaan.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait