Jadi WNI Pertama yang Dianugerahi Penghargaan Persahabatan Dari Rusia, Megawati Kenang Soekarno
YouTube/PDI Perjuangan
Nasional

Megawati Soekarnoputri lantas menitikkan air mata kala menerima penghargaan tersebut karena teringat akan Presiden pertama RI sekaligus ayahnya, Soekarno.

WowKeren - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima penghargaan Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan (State Order of Friendship) dari pemerintah Rusia. Pemberian penghargaan tersebut diwakili oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobyova.

Megawati menjadi warga negara Indonesia (WNI) pertama yang menerima penghargaan tersebut. Megawati lantas menitikkan air mata kala menerima penghargaan tersebut karena teringat akan Presiden pertama RI sekaligus ayahnya, Soekarno.

"Sungguh sebuah hari yang membahagiakan, saya mendapat kehormatan ini, karena, maaf saya teringat kepada ayah saya, padahal saya sangat mengerti bahwa beliau yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia," tutur Ketua Umum PDIP tersebut dalam siaran di kanal YouTube PDI Perjuangan, Rabu (2/6).

Megawati lantas mengenang momen dirinya diajak Soekarno ikut menjemput Presiden Kliment Voroshilov yang berkunjung ke Indonesia. "Itulah menurut saya titik awal hubungan persahabatan Indonesia-Rusia yang berjalan hingga saat ini," kata Megawati.


Selain itu, Megawati juga mengaku tak akan pernah melupakan ketika Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari Rusia beberapa tahun lalu. Megawati bahkan telah berpesan kepada Presiden Joko Widodo untuk terus membangun hubungan dengan Rusia terkait riset dan luar angkasa.

"Tentunya seperti yang saya ceritakan tadi, maka salah satu dan hal ini telah saya sampaikan juga kepada Presiden Jokowi hal-hal berhubungan dengan ruang angkasa seharusnya terus kita proses antara Rusia dan Indonesia," katanya. "Dan saya juga sudah mengatakan kepada Jokowi untuk suatu saat nanti kita bisa lebih mempererat seperti tadi saya katakan, dalam hubungan research juga dengan Rusia."

Sementara itu, Dubes Vorobyova menjelaskan bahwa Megawati dianggap berjasa dalam keberlangsungan kerjasama Rusia dan Indonesia. Oleh sebab itu, penghargaan tersebut dianugerahkan kepada Megawati.

"Yang Mulia sangat dikenal di Rusia sebagai teman sejati yang memfasilitasi pengembangan proyek bersama di bidang strategis," kata Vorobyova via penerjemah bahasa. "Kami sangat menghargai sumbangsih Yang Mulia dalam pengembangan hubungan bilateral kita."

Lebih lanjut, Vorobyova juga mengungkapkan bahwa berbagai kesepakatan kerjasama berhasil diputuskan dalam kunjungan Megawati ke Rusia pada tahun 2003 lalu. "Setelah kunjungan Yang Mulia ke Rusia tahun 2003 dan penandatanganan deklarasi kerja sama hubungan persahabatan dan kemitraan antara Federasi Rusia dan Indonesia dalam abad ke-21, babak baru dimulai dalam pengembangan hubungan Indonesia-Rusia," pungkasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts