Pemerintah Korea Berlakukan Aturan Baru Soal Wajib Militer, Ini Efeknya Bagi Idol dari Luar Negeri
Twitter/nctsmtown_127
Selebriti

Jika seseorang lahir di luar negeri, selama mereka memegang paspor Korea, mereka dianggap sebagai warga negara Korea. Ini termasuk warga negara Korea yang memiliki izin tinggal jangka panjang di luar negeri.

WowKeren - Pemerintah Korea merilis berita pada 6 Juni lalu mengenai undang-undang dan pedoman layanan nasional untuk warga negara Korea yang lahir di luar negeri. Menurut undang-undang baru, warga negara Korea yang lahir di tanah Korea masih harus bertugas di militer Korea, jika mereka telah menghabiskan 3 tahun atau lebih di Korea.

Untuk gambaran yang lebih jelas, bahkan jika seseorang lahir di luar negeri, selama mereka memegang paspor Korea, mereka dianggap sebagai warga negara Korea. Ini termasuk warga negara Korea yang memiliki izin tinggal jangka panjang (penduduk tetap) di luar negeri.

Sementara sebelumnya, warga negara Korea yang menghabiskan waktu lama tinggal di luar negeri dibebaskan dari wajib militer dengan dasar bahwa adaptasi dengan budaya dan hierarki Korea akan sulit. Undang-undang baru memerintahkan warga untuk kembali ke Korea selama 3 tahun atau lebih setelah masa-masa mereka di luar negeri lalu mendaftar wajib militer.

Sebaliknya, bagi etnis Korea yang lahir di luar negeri, yang memiliki paspor non-Korea, mereka dianggap sebagai orang asing dan tidak perlu menjalankan wajib militer. Ini termasuk idol seperti Mark Lee dan Johnny NCT serta Jacob dan Kevin THE BOYZ.


Pemerintah Korea Berlakukan Aturan Baru Terkait Wajib Militer, Ini Efeknya Bagi Idol dari Luar Negeri

Source: Foto: Stardailynews

Adapun idol yang memiliki kewarganegaraan ganda, menurut hukum Korea, ketika mereka berusia 18 tahun, mereka harus memilih apakah mereka ingin terus memiliki kewarganegaraan ganda atau tidak. Dalam kasus di mana mereka ingin mempertahankan kewarganegaraan ganda, mereka harus bertugas di militer Korea. Namun, jika mereka tidak ingin bertugas, mereka harus melepaskan kewarganegaraan Korea.

Banyak idol yang telah membuat pilihan mereka termasuk Vernon SEVENTEEN (II) serta Bang Chan dan Felix Stray Kids. Bang Chan dan Felix saat ini terdaftar sebagai warga negara tunggal (Australia) di profil Namuwiki mereka, sementara Vernon masih memiliki kewarganegaraan ganda. Kemungkinan Vernon harus bertugas di militer.

Sementara itu, Jake ENHYPHEN masih di bawah umur dan masih memiliki kewarganegaraan ganda. Dia harus membuat pilihan di masa depan.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru