Ini Alasan Trainee K-Pop Tak Mau Temui Terapis Meski Alami Depresi dan Masalah Mental Lainnya
Selebriti

Kontrak standar baru pemerintah Korea Selatan untuk semua trainee K-Pop mengamanatkan bahwa agensi memiliki kewajiban untuk 'membantu pengobatan' bagi setiap trainee yang mengalami depresi.

WowKeren - Tak cuma idol, trainee juga berjuang dengan depresi, kecemasan, ketidakbahagiaan, dan banyak lagi, dan terkadang bahkan terapi tampaknya bukan jawabannya. Dalam sebuah video baru-baru ini, mantan trainee K-Pop Gina Maeng menjelaskan mengapa trainee menolak untuk berbicara dengan terapis sejak awal.

Gina menceritakan bahwa ketika dia masih trainee, tidak ada sistem untuk menjaga kesehatan mental para trainee. Sebaliknya, "itu semua hanya tentang pelatihan dan menjadikan trainee menjadi penyanyi dan tarian yang bagus." Sekarang, segalanya telah berubah.

Gina melanjutkan dengan mengungkapkan bahwa banyak agensi tidak berusaha menjaga kesehatan mental trainee mereka. Awal tahun ini, mantan trainee lainnya, YouTuber Grazy Grace, juga menjelaskan bahwa kontrak standar baru pemerintah Korea Selatan untuk semua trainee K-Pop mengamanatkan bahwa agensi memiliki kewajiban untuk "membantu pengobatan" bagi setiap trainee yang mengalami depresi. Namun, meskipun demikian, para trainee masih menderita.

Meskipun Gina mengatakan bahwa banyak agensi sekarang menyediakan terapis in-house atau outsourcing, masalahnya adalah trainee enggan berbicara dengan mereka. Meskipun ini mungkin terdengar mengejutkan, sebenarnya ada alasan yang dapat dimengerti di balik keraguan mereka.


"Kalau kamu sedang berlatih dan agensimu mengatakan 'Oke, ini adalah terapis internal atau outsourcing yang akan datang dan berbicara denganmu sebulan sekali dan semuanya memiliki hak istimewa, kamu tidak perlu khawatir,' apakah menurutmu trainee akan benar-benar terbuka dan membicarakan semua masalah ini?" ujar Gina.

Masalahnya adalah trainee takut tak bisa debut. Tidak peduli seberapa tepercaya terapis agensi tersebut, Gina mengatakan sebagian besar trainee masih akan takut untuk mengungkapkan semua tekanan pelatihan untuk berjaga-jaga jika terapis melanggar kerahasiaan pasien. Jika seorang terapis bahkan memberi tahu kepala agensi bahwa seorang trainee sedang mengalami masalah, trainee itu mungkin tidak lagi tampil sebagai "trainee yang sehat dan siap yang dapat debut pada saat ini."

Karena itu, Gina mengusulkan solusi yang akan bekerja untuk semua orang yang terlibat. "Aku pikir lebih baik jika agensi, daripada memiliki terapis agensi, akan membantu trainee dan artis untuk menemukan (terapis) mereka sendiri.” Sayangnya, Gina juga mengatakan bahwa dia tidak berpikir bahwa sebagian besar agensi mampu menyediakan waktu dan upaya untuk melakukannya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru