Amankah Pakai Vaksin AstraZeneca untuk Semua Warga 18 Tahun ke Atas DKI? Kemenkes Buka Suara
Twitter/KemenkesRI
Nasional
Vaksin COVID-19

DKI Jakarta akan menggunakan vaksin COVID-19 AstraZeneca kepada semua warga 18 tahun ke atas. Namun sebenarnya amankah vaksin AstraZeneca digunakan untuk kelompok usia tersebut?

WowKeren - DKI Jakarta memberi lampu hijau untuk semua masyarakat di atas usia 18 tahun mengikuti program vaksinasi COVID-19. Kementerian Kesehatan telah menegaskan bahwa program itu akan menggunakan vaksin AstraZeneca.

Lantas amankah vaksin COVID-19 AstraZeneca dipakai dalam program vaksinasi massal tersebut? Sebab, bila merujuk pada beberapa kejadian sebelumnya, terdapat temuan sejumlah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berkaitan dengan penerima muda vaksin AstraZeneca.

Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, pun memberikan tanggapannya soal ini. Nadia menegaskan tidak ada pertimbangan khusus dalam penggunaan produk AstraZeneca kecuali perihal ketersediaannya saat ini.

"Nggak ada (pertimbangan khusus). Ini dibagi sesuai ketersediaan vaksin. Kan kita melihatnya semua vaksin sama, bukan membagi berdasarkan merek," terang Nadia, dilansir dari Detik Health, Rabu (9/6).


Memang pemerintah terus berkali-kali menegaskan bahwa semua merek vaksin COVID-19 sama saja serta telah dipastikan keamanan maupun kemanjurannya. Hanya saja vaksin AstraZeneca sendiri memang terkait dengan beberapa kasus pembekuan darah yang langka.

Sebagai pengingat, beberapa waktu lalu sejumlah penerima vaksin AstraZeneca dinyatakan meninggal dunia dan memicu dugaan terkait dengan produk yang dikembangkan di Inggris tersebut. Namun Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Satari hingga kini menegaskan bahwa belum ada kaitan pasti antara penyuntikan vaksin AstraZeneca dengan kejadian-kejadian tersebut.

Meski demikian, AstraZeneca telah menerima izin penggunaan darurat, baik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) alias Emergency Use Listing (EUL) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) alias Emergency Use Authorization (EUA). Otoritas terkait telah memastikan vaksin AstraZeneca mampu memicu pembentukan antibodi terhadap COVID-19, baik pada orang dewasa maupun lanjut usia.

Melansir Detik Health, terdapat beberapa lokasi vaksinasi untuk warga 18 tahun ke atas DKI Jakarta ini. Yakni Sentra Vaksinasi Serviam di Jakarta Pusat, Rusun Pulogebang di Jakarta Timur, Puskesmas Kecamatan Tambora di Jakarta Barat, Lippo Mall Puri di Jakbar, serta Puskesmas Kelurahan Pegangsaan Dua B, SMP 270, dan Gor Yudo di Jakarta Utara.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts