Tanggapi Spekulasi, Mahathir Mohamad Tegaskan Tak Tertarik untuk Jabat PM Ketiga Kalinya
AP Photo
Dunia

Mahathir telah menjabat sebagai perdana menteri lebih dari 20 tahun. Ia menegaskan hanya berniat untuk memanfaatkan pengalaman yang didapatnya untuk negara.

WowKeren - Mantan Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamad pada hari Selasa (15/6) buka suara menolak klaim yang menyebutnya mencoba kembali ke Putrajaya dengan mengusulkan pembentukan Dewan Operasi Nasional. Dewan ini dalam bahasa Malaysia lebih dikenal dengan sebutan Majlis Gerakan Negara (Mageran).

Mahathir menegaskan jika dirinya sama sekali tidak tertarik untuk kembali menduduki jabatan perdana menteri untuk ketiga kalinya. Terkait ide yang berhubungan dengan Mageran itu, semata-mata demi bangsa dan rakyatnya.

Diketahui, Mahathir telah menjabat sebagai perdana menteri lebih dari 20 tahun. Oleh sebab itu ia menegaskan bahwa dirinya berniat untuk memanfaatkan "asam-garam" yang didapatnya selama ini untuk membantu mengatasi masalah kenegaraan yang ada.

"Saya telah menjadi perdana menteri selama 22 tahun dan lagi selama 22 bulan dan itu sudah cukup. Posisi tinggi apa lagi yang bisa saya incar?" tegasnya. "Yang saya katakan adalah memanfaatkan semua pengalaman yang saya miliki selama bertahun-tahun. Saya telah menangani krisis keuangan dan politik serta serangan terhadap mata uang kita."


Dalam sebuah pernyataan dengan media harian lokal Sinar Harian pada Selasa (15/6), ia menekankan begitu ia cinta terhadap negaranya. Sehingga ia ingin berkontribusi dengan apa yang dimilikinya.

"Saya tidak akan lama, siapa yang tahu jika saya mencapai usia 100 tahun," jelasnya. "Tetapi saya sangat mencintai negara ini dan saya memiliki pengalaman yang dibutuhkan di saat krisis, jadi manfaatkan itu."

Pada 10 Juni, Dr Mahathir mengadakan audiensi dengan Yang di-Pertuan Agong di mana yang pertama menyarankan pembentukan Mageran kepada raja. Ia mengatakan tidak akan mengambil hati jika dia tidak dipilih menjadi bagian dari Mageran jika dewan itu dibentuk.

"Anda bisa menolak saya, itu tidak masalah," kata mantan PM tersebut. "Saya hanya ingin mengatakan bahwa saya selalu siap untuk memberikan layanan saya kepada negara saya."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts