Polisi Buru Wanita Pembawa Spanduk yang Sebabkan Tabrakan Beruntun di Tour de France
AP Photo/Christophe Ena
Dunia

Penonton wanita tersebut menunjukkan spanduk bertuliskan 'Nenek dan Kakek' dalam bahasa Jerman ke arah kamera sepeda motor. Namun ia berdiri terlalu dekat dengan lintasan hingga akhirnya ditabrak oleh peserta.

WowKeren - Tahap pembukaan Tour de France 2021 pada Sabtu (26/6) lalu diwarnai dengan kecelakaan yang membuat peloton sepeda berjatuhan. Insiden ini disebabkan oleh salah seorang penonton yang membawa spanduk dari kardus.

Penonton wanita tersebut menunjukkan spanduk bertuliskan "Nenek dan Kakek" dalam bahasa Jerman ke arah kamera sepeda motor. Sayangnya, penonton tersebut berdiri terlalu dekat dengan lintasan dan memunggungi peloton sepeda yang melaju kencang. Akhirnya, para peserta menabraknya dan terjatuh bak domino.

Peserta yang pertama menabrak wanita tersebut adalah pesepeda Jerman, Tony Martin. Ia terjatuh dan menyebabkan sebagian besar peloton ikut jatuh.

Wanita yang mengenakan jas hujan kuning tersebut tampak ketakutan ketika menyadari akibat perbuatannya. Ia kemudian menghilang ke tengah kerumunan pinggir jalan. Pihak kepolisian pun melacak wanita yang dilaporkan melarikan diri dari lokasi kecelakaan tersebut.


Kecelakaan tersebut membuat 26 pembalap cedera pada tahap pembukaan Tour de France. Pembalap tim DSM asal Jerman, Jasha Sutterlin, adalah satu- satunya peserta yang harus mundur dari ajang tersebut.

"Kami menuntut wanita yang berperilaku sangat buruk ini," tegas Wakil Direktur Tour de France, Pierre-Yves Thouault, kepada AFP. "Kami melakukan ini agar minoritas kecil orang yang melakukannya tidak merusak pertunjukan untuk semua orang."

Sementara itu, pihak kepolisian turut memburu penonton yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Letnan Kolonel Joel Scherer dari Gendarmerie Prancis mengungkapkan bahwa pihaknya berencana mendakwa wanita tersebut dengan "cedera jangka pendek yang tidak disengaja melalui pelanggaran kewajiban keamanan atau perawatan yang disengaja" saat ia tertangkap.

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa tidak ada anggota masyarakat yang terluka dan kami telah bekerjasama dengan penyelenggara balapan mengenai hal ini," paparnya.

Sementara itu, pembalap asal Prancis, Julian Alaphilippe, berhasil memenangkan tahap pembukaan Tour de France usai menghindari sebagian besar kecelakaan tersebut. Alaphilippe dilaporkan sempat terlibat dalam tabrakan tersebut namun berhasil bertahan di sepedanya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts