Menko Luhut Pastikan Bansos Kembali Bergulir Saat PPKM Darurat
Nasional

PPKM Darurat diberlakukan mulai Sabtu (3/7) besok sampai 20 Juli 2021. Dan selama waktu itu, Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bansos akan kembali digulirkan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo sudah mengumumkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat akan dilaksanakan mulai Sabtu (3/7) besok. Adalah Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Pandjaitan kembali ditunjuk sebagai komandan dengan area cakupan Jawa dan Bali.

Dalam konferensi persnya yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (1/7), Luhut pun menuturkan teknis pelaksanaan PPKM Darurat. Skenario selengkapnya bisa dilihat di sini, yang termasuk mencakup seratus persen work from home sampai ditutupnya pusat perbelanjaan atau mal.

Bukan cuma itu, Luhut juga memastikan bantuan sosial akan kembali digulirkan selama pelaksanaan PPKM Darurat. Kebijakan ini tentu cukup menjadi sorotan karena selama beberapa waktu belakangan bansos sudah tak lagi diberikan kepada masyarakat dengan anggapan situasi wabah sudah cukup terkendali.


"Tadi kami sudah rapat, mengenai bansos. Karena jujur kita juga tidak pernah memprediksi setelah Juni tahun ini terjadi lonjakan lagi," ujar Luhut. "Oleh karena itu kami sepakat, bansos akan digulirkan lagi. Jadi tadi Ibu Risma (Menteri Sosial Tri Rismaharini), Ibu Menteri Keuangan (Sri Mulyani), Gubernur BI, dan juga beberapa teman-teman lainnya, kami sudah bertemu dan sepakat untuk ini semua kami bantu lagi."

Dalam siaran persnya, Menko Luhut juga menekankan bahwa pemerintah tidak ingin PPKM Darurat menyulitkan hidup masyarakat menengah ke bawah. "(Karena itulah) pemerintah telah melakukan koordinasi untuk menambah dan mempercepat penyaluran Bantuan Sosial selama PPKM Darurat, terutama untuk melindungi ekonomi masyarakat menengah ke bawah," demikian kutipan isi siaran pers Luhut.

"Melalui langkah tersebut, dampak PPKM Darurat akan dimitigasi," imbuh mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut. "Dan ekonomi dapat pulih lebih cepat dari sebelumnya."

Hanya saja tidak diketahui bansos seperti apa yang akan digulirkan selama PPKM Darurat ini. Tidak diketahui juga detail kelompok masyarakat seperti apa yang akan mendapat bansos selama PPKM Darurat.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru