Breaking News: Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Meninggal Dunia
Instagram/jungkungsetyoutomo
Selebriti

Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono dikabarkan meninggal dunia pada pagi hari ini, Jumat (2/7). Diketahui Ki Manteb meninggal dalam keadaan positif Covid-19, sehingga nanti akan dimakamkan mengikuti protokol kesehatan.

WowKeren - Dalang kenamaan asal Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, Ki Manteb Sudharsono, meninggal dunia pagi ini, Jumat (2/7). Ki Manteb meninggal di rumahnya sekitar pukul 09.45 WIB.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh Sekretaris Paguyuban Dhalang Surakarta (Padhasuka), Ki Sugeng Nugroho. Ia mengaku baru saja dikabari oleh istri Ki Manteb Sudharsono, Warti.

"Mas Manteb wafat pagi ini. Baru saja saya dikabari oleh Mbak Warti (istri Ki Manteb). Mas Manteb wafat di rumahnya. Ini saya sedang perjalanan ke rumah duka," jelas Ki Sugeng kepada awak media.

Menurut kabar, Ki Manteb meninggal karena terpapar virus Covid-19. Sosok dalang kelahiran 31 Agustus 1948 rupanya memiliki komorbid penyakit di paru-parunya. Karenanya, proses pemakaman Ki Manteb nanti akan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada.


"Beliau akan dimakamkan secara protokol kesehatan," ujar Ki Sugeng. "Beliau sering berobat soal permasalahan paru-parunya."

Dalam dunia pewayangan, Ki Manteb juga menjabat sebagai penasehat di organisasi Paguyuban Dalang Surakarta. Kiprahnya dalam dunia wayang juga diabadikan dalam buku "Ki Manteb Soedarsono Pemikiran dan Karya Pedalangannya."

"Beliau salah satu senior dan guru bagi para dalang di Indonesia," terangnya. "Saya menulis ide dan gagasan beliau dari balik kisah pewayangan."

Diketahui, almarhum akan dimakamkan pada hari ini di kediamannya di Dusun Sekiteran, Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Sebelumnya kabar duka ini juga disebarkan melalui pesan berantai kepada awak media.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Sampun kapundut wonten ngarsanipun gusti Allah SWT, alm Bp. Ki H manteb soedarsono (dalang manteb) Pukul 09.45 WIB," tulis informasi yang diterima Okezone.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel