Ki Manteb Sudharsono Meninggal Usai Positif COVID, Ini 7 Potret Aksinya Sebagai Dalang
wepa.unima.org
Selebriti

Ki Manteb Sudharsono dikabarkan meninggal di kediamannya pada Jumat (2/7). Dalang kondang ini dikabarkan meninggal karena terpapar COVID-19. Ki Manteb diketahui memiliki komorbid.

WowKeren - Suasana duka kembali menimpa industri hiburan Tanah Air. Dalang kondang Ki Manteb Sudharsono dikabarkan berpulang pada Jumat (2/7). Ki Manteb dikabarkan meninggal di kediamannya.

Kabar berpulangnya sang dalang kondang disampaikan oleh Sekretaris Paguyuban Dhalang Surakarta, Ki Nugroho. Ki Nugroho diketahui mendapat kabar dari istri Ki Manteb.


Kabar yang beredar mengatakan bahwa Ki Manteb meninggal karena terpapar COVID-19. Ternyata Ki Manteb memiliki penyakit bawaan di paru-paru. Berita meninggalnya Ki Manteb tentu saja mengejutkan masyarakat. Pasalnya Ki Manteb Sudharsono adalah sosok yang begitu terkenal.

Puluhan tahun menjadi dalang, tak ada yang tak mengenal Ki Manteb Sudharsono. Sepak terjangnya dalam dunia pewayangan sangat melekat di hati rakyat Indonesia. Menjadi dalang sejak muda Ki Manteb telah menyabet berbagai macam penghargaan. Berikut deretan prestasi dan fakta menarik tentang Ki Manten Sudharsono.

(wk/wahy)

1. mata pelajaran seninya selalu bagus


mata pelajaran seninya selalu bagus
Instagram/anglingdharmafm89.9

Ki Manteb Sudharsono lahir dengan darah seniman yang begitu kental. Mulai buyut hingga ayahnya, adalah seorang pendalang yang hebat. Saat sekolah dahulu pun Ki Manteb mengaku bahwa nilai mata pelajaran seni lah yang selalu mendapat nilai tinggi. Seolah terlahir hanya untuk menjadi seniman dalang yang hebat.

2. menang pakeliaran padat surakarta


menang pakeliaran padat surakarta

Pada tahun 1982, Ki Manteb mendapatkan penghargaan Pakeliran Padat se-Surakarta. Ki Manteb menyabet juara pertama. Diketahui setelah mendapatkan penghargaan tersebut, karier Ki Manteb kian melambung.

3. tenar dengan iklan 'pancen oye'


tenar dengan iklan 'pancen oye'

Nama Ki Manteb semakin dikenal publik luas setelah membintangi iklan obat sakit kepala di televisi. Tak hanya kalangan pecinta seni saja yang mengenalnya, millenial pun tahu. Jargonnya adalah "pancen oye!".

4. mendapat penghargaan dari presiden soeharto


mendapat penghargaan dari presiden soeharto

Presiden kedua Indonesia ternyata turut mengapresiasi kiprah Ki Manteb dalam dunia perwayangan. Soeharto memberikan penghargaan berupa Satya Lencana Kebudayaan pada tahun 1955.

5. diakui dunia internasional


diakui dunia internasional

Ki Manteb Sudharsono menerima penghargaan dari International Puppetery Association (UNIMA) pada tahun 2017 silam. Penghargaan tersebut diberikan kepada Ki Manteb karena dedikasinya terhadap dunia perwayangan selama ini.

6. pecahkan rekor MURI mendalang 24 jam nonstop


pecahkan rekor MURI mendalang 24 jam nonstop

Pada tahun 2004, Ki Manteb berhasil memecahkan rekor MURI karena mendalang non stop selama 24 jam penuh. Ki Manteb diketahui tidak mengambil istirahat sama sekali.

7. Dijuluki dalang setan


Dijuluki dalang setan
wepa.unima.org

Julukan "dalang setan" didapat Ki Manteb karena kepiawaiannya dalam sabet wayang. Ki Manteb mendapatkan gelar tersebut dari mantan Menteri Penerangan Republik Indonesia, Boedihardjo.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru