Israel Bombardir Gaza Lagi Meski Sudah Gencatan Senjata dengan Hamas
Flickr/Marius Arnesen
Dunia

Bulan Mei 2021 kemarin Israel dan Palestina sepakat untuk gencatan senjata. Namun tampaknya ketegangan antara kedua pihak kembali meningkat, yang terbaru serangan udara hari ini.

WowKeren - Tampaknya ketegangan antara Israel dan Palestina kembali berkobar meski kedua pihak sempat gencatan senjata beberapa waktu lalu. Sebab pada Jumat (2/7) hari ini saja Israel dilaporkan melancarkan serangan udara ke situs yang diklaim dikuasai Hamas di Jalur Gaza, Palestina.

Pihak keamanan Hamas pun membenarkan serangan tersebut. Mereka melaporkan serangan Israel mengenai tempat latihan Hamas meski tidak ada korban yang dilaporkan.

Sedangkan pihak Israel mengklaim serangannya yang mengenai situs tempat manufaktur senjata milik Hamas semata sebagai balasan. Israel merujuk pada aksi Hamas yang mengirimkan balon bom ke teritorial mereka sebelumnya.

Untuk informasi, pada Kamis (1/7) kemarin, pemadam kebakaran Israel mengungkap ada sejumlah kebakaran minor yang terjadi di bagian selatan Eshkol yang berbatasan dengan Jalur Gaza. Kebakaran itu pun dikaitkan dengan balon-balon bom yang diterbangkan Hamas.


"Investigator kebakaran memastikan bahwa kebakaran tersebut berasal dari balon bom dari Gaza," tegas Israel, meski mereka juga mengklaim bahwa kebakaran yang ditimbulkan berskala kecil dan tidak membahayakan. Peristiwa inilah yang memicu Israel kemudian menyerang balik dengan mengirim jet.

Padahal pada 21 Mei 2021 kemarin Israel dan Palestina, dalam hal ini termasuk pasukan militan Hamas, sudah mencapai kesepakatan gencatan senjata. Meski gencatan senjata itu diharapkan bisa mendamaikan untuk waktu yang lebih lama, ternyata percikan-percikan konflik antara Israel dan Palestina kembali tampak beberapa waktu belakangan.

Sejauh ini pasukan Palestina konsisten menerbangkan balon bom, sedangkan Israel menggunakan jet dan serangan udara lain. Kedua pihak pun mengklaim aksi mereka sebagai balasan semata karena sebelumnya diserang, meski tak jelas siapa yang sebenarnya memulai konflik ini lagi.

Padahal saat ini Israel sendiri sudah mengganti Perdana Menteri-nya menjadi Naftali Bennett yang tampaknya tak membawa banyak perubahan. Pasalnya Israel, sejak mulai terang-terangan berkonflik dengan Palestina sejak 2007 selalu mengklaim kelompok Hamas harus diamankan, yang kemudian memicu berbagai serangan berbahaya ke Jalur Gaza.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru