Alasan Pengumuman Undian Penonton Olimpiade Tokyo Ditunda
Dunia

Pada 21 Juni 2021 lalu, pihak panitia memutuskan bahwa jumlah penonton di setiap venue Olimpiade Tokyo dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas atau maksimal 10 ribu orang.

WowKeren - Jumlah penonton yang dapat menyaksikan Olimpiade Tokyo secara langsung dibatasi karena situasi pandemi virus corona (COVID-19). Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo pun mengadakan undian di antara para pemegang tiket untuk menentukan siapa saja yang bisa hadir langsung ke upacara pembukaan dan penutupan, serta sejumlah sesi di delapan cabang olahraga.

Sedianya, undian tersebut akan diumumkan pada Selasa (6/7) hari ini. Namun pihak penyelenggara menunda pengumuman tersebut menjadi 10 Juli 2021 mendatang.

Pengumuman undian penonton ini ditunda karena "pemerintah pusat diharapkan segera mengumumkan pedomannya mengenai tindakan pra-darurat COVID-19, yang berakhir pada 11 Juli". Komite Olimpiade juga telah mengatakan akan mempertimbangkan larangan penonton di semua acara apabila tindakan pra-darurat saat ini diperpanjang atau keadaan darurat lain dikeluarkan di Tokyo.

Sebagai informasi, undian tiket Olimpiade Tokyo pertama kali digelar pada Mei 2019 lalu. Undian tersebut diadakan untuk melihat acara yang sangat populer seperti pertandingan baseball tim Samurai Japan, final sepak bola, dan lari 100 meter.


Total sudah ada 3,63 juta tiket yang terjual. Namun hingga saat ini, para pemenang undian pertama tersebut masih belum memiliki tiket dan bahkan belum diberi nomor kursi.

Kemudian pada 21 Juni 2021 lalu, pihak panitia memutuskan bahwa jumlah penonton di setiap venue Olimpiade dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas atau maksimal 10 ribu orang. Undian pun kembali digelar bagi mereka yang memiliki tiket untuk upacara pembukaan dan penutupan, serta delapan cabang olahraga.

Sekitar 20 persen dari total tiket yang telah terjual dijadwalkan akan dikembalikan alias di-refund kepada calon penonton. Namun pihak penyelenggara memastikan bahwa tiket yang dijual melalui paket mahal dan perusahaan tur tidak akan terpengaruh oleh undian tersebut.

Adapun keputusan ini diambil dengan asumsi tindakan pra- darurat akan dicabut pada 11 Juli mendatang. Namun, jumlah kasus baru COVID-19 di Tokyo terus meningkat, yang menyebabkan meningkatnya kekhawatiran dan tekanan politik untuk memastikan keamanan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait