Birthday Spotlight: Happy Ji Chang Wook Day
Esquire
Selebriti

Untuk merayakan ulang tahun Ji Chang Wook yang jatuh pada Senin (5/7) lalu, WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier pemeran Kim Je Ha dalam serial hits 'The K2' tersebut.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Ji Chang Wook yang jatuh pada hari Senin (5/7) lalu, tim redaksi akan mengulas tuntas riwayat hidup dan perjalanan karier bintang drama "Healer" tersebut.

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan nama Ji Chang Wook. Aktor tampan kelahiran 1987 ini telah wara-wiri di sejumlah drama populer Korea Selatan. Misalnya seperti drama "Warrior Baek Dong Soo", "Empress Ki", "The K2", "Suspicious Partner" dan masih banyak lagi.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Ji Chang Wook di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut
Instagram/jichangwook

Ji Chang Wook adalah seorang anak tunggal yang lahir pada 5 Juli 1987 di Anyang, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Ayahnya meninggal saat dia duduk di bangku kelas 5 SD, sehingga Ji Chang Wook akhirnya dibesarkan oleh sang ibu.

Sejak saat itu, ibu Ji Chang Wook bekerja keras membanting tulang dengan bekerja di restoran untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Karena paham betul dengan situasi sulit ibunya, Ji Chang Wook belajar dengan tekun agar bisa membantu meringankan bebannya.

Hal itulah yang membuat Ji Chang Wook memilih untuk tetap tinggal bersama dengan ibunya meski telah sukses. "Ibuku membesarkanku seorang diri setelah ayahku meninggal. Dia melewati banyak kesulitan saat aku masih muda. Bahkan sejak aku muda dan tumbuh dewasa, aku melihat ibuku menderita," kata Ji Chang Wook di acara Laborhood on Hire.

Meski memiliki hubungan yang sangat dekat, keinginan Ji Chang Wook untuk menjadi aktor pernah ditentang sang ibu. Keinginan ibunya sederhana, sebab dia ingin Ji Chang Wook bisa mendapatkan pekerjaan dan menjalani kehidupan biasa setelah lulus kuliah.

Namun karena sudah bertekad, Ji Chang Wook akhirnya melanjutkan studi di jurusan Film dan Theater Universitas Dankook. Dari sini dia belajar berakting hingga dikenal sebagai salah satu aktor berbakat negeri ginseng.

2. Debut


Debut

Ji Chang Wook memulai kariernya di bidang seni peran pada tahun 2006 lewat teater musikal dan membintangi film Indie berjudul "Days" di tahun yang sama. Ji Chang Wook memulai debut resmi pada tahun 2008 lewat film "Sleeping Beauty" dan drama "You Stole My Heart".

Nama Ji Chang Wook benar-benar dikenal publik setelah membintangi drama harian berjudul "Smile Again" pada tahun 2010. Kala itu dia dipercaya menjadi pemeran utama yang bernama Carl Laker alias Donghae, atlet short track speed skater yang pergi ke Korea untuk mengikuti pertandingan.

Ji Chang Wook rela berlatih selama 4-5 jam sehari di ice rink untuk mendalami karakter Donghae. Usahanya membuahkan hasil, sebab "Smile Again" berhasil memuncaki rating harian selama 15 minggu berturut-turut.

Tak hanya itu, sebab peran Donghae juga mengantar Ji Chang Wook mendapatkan penghargaan akting pertamanya. Ia diganjar dengan penghargaan Excellent Actor (daily drama) dalam ajang KBS Drama Awards 2011.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Perjalanan karier Ji Chang Wook tak selalu mulus. Meski sempat sangat populer saat membintangi "Smile Again", dia mencapai titik terendah pada tahun 2012 tepatnya setelah membintangi drama "Five Fingers". Sebab kala itu dia tidak menerima panggilan casting sama sekali.

Setahun kemudian, popularitas Ji Chang Wook merangkak naik setelah membintangi drama "Empress Ki" bersama Ha Ji Won. Drama ini tergolong sukses besar karena berhasil mencatat rating tinggi dan mengantar Ji Chang Wook menyabet penghargaan Excellent Actor (special project) di ajang MBC Drama Awards 2013.

Popularitas Ji Chang Wook kian meroket usai membintangi drama KBS2 "Healer" pada tahun 2014-2015. Drama yang juga dibintangi oleh Park Min Young ini sangat populer dan memiliki fanbase yang cukup besar, baik di Korea Selatan maupun di luar negeri.

Berkat aktingnya dalam drama ini, Ji Chang Wook dianugerahi dengan dua penghargaan sekaligus yakni Popularity Actor Award dan Best Couple Award bersama Park Min Young. Dua penghargaan itu ia dapatkan dalam ajang KBS Drama Awards 2014.

Sejak saat itu Ji Chang Wook berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu aktor papan atas Korea Selatan. Ia kemudian membintangi sejumlah drama populer termasuk "The K2", "Suspicious Partner" hingga "Backstreet Rookie".

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara
Instagram/glorious_enter

Selama berkarier di industri hiburan, Ji Chang Wook telah digosipkan menjalin kasih dengan sejumlah wanita cantik. Pada 2012, dia mengaku sedang berkencan dengan seorang member girl grup. Kecurigaan netizen akhirnya mengarah pada Jooyeon mantan personel After School, yang pernah menjadi lawan mainnya di "Smile Again".

Wanita kedua yang dirumorkan berpacaran dengan Ji Chang Wook adalah Ha Ji Won, lawan mainnya di "Empress Ki". Para penonton menduga keduanya memiliki hubungan spesial karena menampilkan chemistry yang apik di drama maupun di lokasi syuting.

Ji Chang Wook juga sempat dirumorkan dengan model sekaligus Miss Korea 2009, Kim Joo Ri. Rumor itu berembus setelah netizen menemukan foto keduanya yang mengenakan kalung dan kacamata yang sama. Kim Joo Ri bahkan dikabarkan ikut serta dalam pemotretan Ji Chang Wook di Bali.

Kendati demikian, agensi membantah kabar kencan tersebut. Agensi menyatakan bahwa Ji Chang Wook dan Kim Joo Ri memang sering bertemu, namun hubungan mereka hanya sekedar teman.

Wanita cantik berikutnya yang pernah dikabarkan berpacaran dengan Ji Chang Wook adalah Park Min Young. Sukses membangun chemistry di drama "Healer", keduanya dilaporkan menjalin hubungan spesial oleh media Tiongkok.

Laporan itu bahkan menyebutkan bahwa Ji Chang Wook diam-diam bertemu dengan Park Min Young saat sedang syuting drama di Tiongkok. Kendati demikian, Ji Chang Wook memberi bantahan tegas dan mengatakan bahwa rumor itu merupakan bentuk suksesnya chemistry yang mereka jalin.

Idol sekaligus aktris cantik Yoona SNSD (Girls' Generation) juga pernah dirumorkan berkencan dengan Ji Chang Wook. Chemistry yang mereka perlihatkan di drama "The K2" membuat penggemar baper dan berharap agar mereka menjalin hubungan spesial di dunia nyata.

Bahkan, Yoona sempat mengaku bahwa hubungannya dengan Ji Chang Wook menjadi semakin dekat setelah melakukan adegan ciuman. Kendati demikian, keduanya kompak membantah rumor tersebut dan mengaku hanya berteman biasa.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/glorious_enter

Ji Chang Wook menuai cukup banyak kontroversi antara tahun 2019-2020. Saat mega skandal Burning Sun mencuat pada pertengahan Maret 2019, nama Ji Chang Wook ikut terseret di dalamnya. Hal ini disebabkan karena foto Ji Chang Wook bersama Madam Lim, salah satu investor Burning Sun, ditayangkan dalam program investigasi SBS "Unanswered Questions".

Tak hanya itu, sebab dia juga dikabarkan menjadi salah satu pelanggan tetap Club Arena, salah satu kelab malam milik Seungri yang diduga menjadi tempat prostitusi. Kendati demikian, agensi membantah tegas keterlibatan Ji Chang Wook dalam skandal tersebut.

Beruntung, SBS akhirnya memberikan klarifikasi untuk membersihkan nama baik sang aktor. Jaringan tersebut menjelaskan bahwa foto itu digunakan untuk menjelaskan bahwa Madam Lim memiliki kenalan dari kalangan selebriti Korea Selatan.

Di akhir 2019, Ji Chang Wook menuai kontroversi baru setelah mengunggah video singkat di Instagram yang menunjukkan dirinya sedang merokok. Meski ia merokok karena tidak bisa tidur dan menghangatkan diri di tengah cuaca dingin, aksinya itu tetap menuai kontroversi. Banyak penggemar yang kaget karena baru mengetahui jika dia adalah perokok aktif.

Kemudian pada tahun 2020, casting Ji Chang Wook dalam drama SBS "Backstreet Rookie" menuai sorotan karena drama ini menghadirkan banyak adegan sensual yang tidak difilter. Selain itu, dia juga dinilai kurang cocok berpasangan dengan Kim Yoo Jung karena memiliki perbedaan usia cukup jauh.

Di tahun yang sama, Ji Chang Wook kembali menuai kontroversi karena unggahannya di Instagram. Dalam unggahannya, ia bersama lawan mainnya di "Backstreet Rookie", Lee Moon Suk, terlihat bersenang-senang dan saling melontarkan lelucon pada satu sama lain.

Meski beberapa orang menganggap video tersebut sebagai hiburan, sebagian lainnya menuding aksi Ji Chang Wook sebagai tindakan rasis terhadap orang berkulit hitam. Pasalnya, wig yang mereka kenakan melambangkan budaya orang kulit hitam sehingga tidak sopan jika dijadikan lelucon.

Ji Chang Wook kembali menuai cibiran pada bulan Agustus 2020 karena dramanya "Backstreet Rookie". Hal ini dikarenakan aksi penyamarannya sebagai kasir di sebuah minimarket memicu kerumunan di tengah pandemi Corona.

Kala itu, Ji Chang Wook menjadi seorang pekerja paruh waktu seharian hingga pukul 6 sore di daerah Sinchon. Kehadirannya memicu rasa penarasan penggemar yang ingin menyaksikan wajah sang idola dari dekat. Karena itulah mereka langsung memadati minimarket dan mengabaikan aturan social distancing.

Tindakan Ji Chang Wook ini dinilai kurang tepat dilakukan dalam kondisi pandemi. Karena itulah dia mendapat banyak kecaman dari sejumlah pihak.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/theswoonnetflix

Ji Chang Wook akan menyapa pemirsa lewat drama baru Netflix yang berjudul "The Sound of Magic". Dalam drama ini dia akan beradu akting dengan aktris Choi Sung Eun dan aktor tampan Hwang In Yeop.

"The Sound of Magic" digambarkan sebagai drama musik sentimental tentang seorang gadis bernama Yoon A Yi (Choi Sung Eun) yang menjadi dewasa terlalu cepat dan pesulap misterius Lee Eul (Ji Chang Wook), pria dewasa yang ingin menjadi anak-anak untuk selamanya.

Drama yang diadaptasi dari webtoon berjudul "Annarasumanara" ini akan digarap oleh PD Kim Sung Yoon yang telah menelurkan proyek hits "Love in the Moonlight" dan "Itaewon Class". Sedangkan naskahnya ditulis oleh Kim Min Jung, yang sebelumnya bekerja sama dengan PD Kim Sung Yoon dalam drama "Love in the Moonlight" dan "Who Are You".

Selain itu, baru-baru ini Ji Chang Wook diincar membintangi drama baru berjudul "Tell Me Your Wish". Jika menerima tawaran ini, Ji Chang Wook akan berperan sebagai seorang pria yang melarikan diri dari kematian bernama Yoon Gye Re. Secara lebih detail, dia digambarkan sebagai "anak dewasa" yang tidak memiliki keinginan untuk hidup tetapi hampir tidak dapat bertahan dengan sikap kerasnya.

Meski kabar casting itu disambut antusias, agensi menyatakan bahwa Ji Chang Wook sedang meninjaunya dan belum ada yang dikonfirmasi. Nah bagi kalian yang penasaran dengan keputusan Ji Chang Wook, pastikan untuk memantau update beritanya di WowKeren ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait