Ji Chang Wook Profile
Ji Chang Wook Profile Photo

Ji Chang Wook

Profesi
Aktor, penyanyi
Tgl Lahir
Jul 5, 1987
Lahir di
Korea Selatan
Profesi
Aktor, penyanyi
Populer
Membintangi TV series "Warrior Baek Dong Soo" (2011)
Tempat Lahir
Korea Selatan
Tinggi Badan
180
Kewarganegaraan
Korea Selatan

Ji Chang Wook lahir di Anyang, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, pada 5 Juli 1987. Chang Wook merupakan anak tunggal yang dibesarkan oleh seorang single mother. Pasalnya, ayah Chang Wook Meninggal dunia sejak dirinya masih kecil.

"Ibuku membesarkanku seorang diri karena ayahku telah meninggal dunia. Jadi dia mengalami banyak kesulitan saat aku masih kecil. Sejak kecil, aku tumbuh melihat ibuku menderita," beber Chang Wook.

Hal tersebut membuat Chang Wook berusaha keras menjadi anak berbakti. Semasa kecil, Chang Wook suka bermain sepak bola hingga berlarian. Saat SMP hingga SMA, Chang Wook mengaku dirinya adalah siswa biasa yang selalu belajar untuk mempersiapkan ujian. Namun saat kelas 3 SMA, Chang Wook tiba-tiba memiliki pikiran untuk terjun ke dunia acting. Ia pun bertekad mengambil jurusan teater saat kuliah dan mengejar mimpi sebagai aktor.

Saat kuliah, Chang Wook masih harus bekerja part time sebagai waiter di kafe. Untuk menambah pengalaman yang sesuai dengan jurusannya, Chang Wook mengikuti audisi teater musikal. Ia pun memulai kariernya melalui teater musikal.

Kala berusia 21 tahun, Chang Wook terlibat dalam pembuatan film indie yang tayang di Independent Film Awards. Dari sana, ia dikontrak oleh agensi dan mendapat kesempatan untuk tampil di televisi. Setelah mengikuti berbagai audisi dan mendapat banyak penolakan, Chang Wook mendapat peran kecil di drama "You Stole My Heart" pada 2008.

Ia kemudian berhasil mengamankan peran yang cukup besar dalam drama "My Too Perfect Sons" pada 2009. Drama keluarga akhir pekan itu sukses besar dan meraup rating lebih dari 40 persen.

Setelah itu, Chang Wook mendapat peran utama pertamanya dalam drama harian "Smile Again" yang tayang pada 2010. Drama tersebut sukses memuncaki chart rating selama 15 pekan berturut-turut. Chang Wook juga berhasil menyabet piala Excellence Award (Actor in a Daily Drama) dalam KBS Drama Awards 2011.

"Kesuksesan ‘Smile Again’ sebenarnya membuatku cemas akan karyaku selanjutnya. Aku masih memiliki banyak kekurangan, tetapi rating penontonnya sangat tinggi hingga membuatku khawatir karya apa yang harus aku lakukan selanjutnya. Ini membuatku sangat cemas. Aku menjadi cemas karena aku menerima banyak cinta saat aku sama sekali belum siap," papar Chang Wook kepada Elle Singapore.

Pada 2011, Chang Wook kembali mendapat peran utama di drama "Warrior Baek Dong Soo". Drama tersebut memuncaki slot tayang selama 13 pekan dan mengantarkan Chang Wook menjadi penerima New Star Award di SBS Drama Awards 2011. Di tahun yang sama, Chang Wook juga membintangi drama "Bachelor's Vegetable Store".

Chang Wook kemudian mendapat peran antagonis melodrama pertamanya lewat "Five Fingers". Ia berperan sebagai seorang pianis yang iri dengan bakat musik alami kakaknya sendiri. Sang aktor juga kembali ke dunia teater musikal pada 2013 dengan produksi "The Days".

Popularitas Chang Wook meroket bukan hanya di Korea, namun juga di berbagai belahan Asia, usai ia berperan sebagai Ta Hwan dalam drama "Empress Ki". Chang Wook melakukan promosi "Empress Ki" dengan mengunjungi 10 negara Asia yang menayangkan drama tersebut, termasuk Hong Kong, Taiwan, dan Indonesia.

Melanjutkan momentumnya, Chang Wook membintangi drama "Healer" bersama Park Min Young dan Yoo Ji Tae pada 2014. Ia juga melebarkan sayap dengan mengambil peran di sejumlah drama berbahasa Mandari seperti "The Whirlwind Girl 2" dan "Mr. Right".

Pada 2016, Chang Wook membintangi drama action thriller "The K2" bersama Yoona Girls' Generation. Ia juga mengambil peran dalam film action "Fabricated City".

Setelah berturut-turut berperan di genre action, Chang Wook menjadi pemeran utama dalam drama romantic komedi "Suspicious Partner" yang tayang pada 2017. Ia kemudian menjalani wajib militer (wamil) mulai 14 Agustus 2017 hingga 27 April 2019.

Selesai wamil, Chang Wook kembali mendapat peran komedi romantis lewat "Melting Me Softly". Setelah itu, ia lagi-lagi menjadi bintang romantis komedi lewat drama "Backstreet Rookie" hingga "Lovestruck in the City".

Pada 2021, Chang Wook membintangi film thriller "Hard Hit". Dalam film ini, Chang Wook berperan sebagai penelepon misterius yang mengancam Seong Gyu (Jo Woo Jin) dan putrinya, Hye In (Lee Jae In), dengan bom yang terpasang di mobil mereka.

Setelah itu, Chang Wook membintangi drama Netflix "The Sound of Magic" yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama. Ia juga mendapat peran dalam drama "If You Wish Upon Me" yang tayang di KBS2. Terbaru, Chang Wook menjadi polisi yang menyusup ke organisasi kriminal dalam drama Disney+ "The Worst of Evil".

Dari sisi kehidupan pribadi, Chang Wook mengaku dirinya sempat dicampakkan beberapa kali karena tidak terlalu bisa mengungkapkan perasaan aslinya. Namun Chang Wook tidak blak-blakan mengungkapkan identitas para mantan kekasihnya tersebut. Meski begitu, sang aktor sempat terlibat rumor kencan dengan sejumlah selebriti cantik.

Salah satunya adalah Yoona SNSD yang menjadi lawan mainnya di drama "The K2". Chemistry manis hingga adegan mesra mereka di drama tersebut membuat Chang Wook dan Yoona dicurigai berpacaran di dunia nyata. Meski begitu, Chang Wook telah membantah rumor tersebut dengan tegas.

"Rumor kencan yang menyangkut Yoona tidak benar," tegasnya. "Aku selalu mencoba perhatian pada aktris (lawan main). Aku pikir akting yang bagus akan tampak saat kita bekerjasama dalam lingkungan yang nyaman. Hal itu juga membantu meningkatkan fokus penonton, namun itu juga cenderung menimbulkan kesalahpahaman. Aku pikir itu yang terjadi lagi kali ini. Tidak ada hubungan spesial antara Yoona dan aku. (Hubungan) Kami bisa dideskripsikan sebagai oppa-dongsaeng yang dekat."

Selain Yoona, Chang Wook juga sempat disangka berpacaran dengan Kim Ji Won yang menjadi lawan mainnya di "Empress Ki" dan "Lovestruck in the City". Sutradara "Lovestruck in the City" bahkan sempat mengira keduanya berpacaran ketika melihat kedekatan mereka di balik kamera. Meski begitu, hubungan mereka hingga kini tak pernah dikonfirmasi.

Tak hanya aktris yang menjadi lawan mainnya, Chang Wook juga sempat terseret rumor kencan dengan mantan Miss Korea Kim Joo Ri. Rumor tersebut berawal dari postingan di forum online, dimana Chang Wook dan Joo Ri dicurigai memiliki sejumlah couple item seperti kalung dan kacamata hitam.

Meski begitu, kedua agensi telah membantah rumor tersebut. Menurut Glorious Entertainment selaku agensi Chang Wook kala itu, keduanya hanya berada dalam kelompok teman yang sama.

"Penggemar salah paham. Ji Chang Wook dan Kim Joo Ri adalah teman di antara grup teman yang sering jalan-jalan," jelas pihak. "Kalung tersebut adalah hadiah yang diberikan oleh penggemar Tiongkok Ji Chang Wook. Kami tidak tahu apakah Kim Joo Ri juga membeli kalung yang sama. Kacamata hitam itu adalah item trendy baru yang dibelikan stylist Ji Chang Wook untuknya."

Selain rumor kencan, Chang Wook juga pernah terseret dalam sejumlah kontroversi selama berkarier sebagai aktor. Nama Chang Wook sempat terseret dalam skandal Burning Sun yang menghebohkan pada 2019 lalu. Kala itu, program SBS "Unanswered Questions" meliput kasus Burning Sun dan mengungkapkan identitas Madam Lin, seorang investor asal Taiwan yang memiliki 20 persen saham Burning Sun.

"Unanswered Questions" menampilkan foto Madam Lin dengan Seungri, Chang Wook, dan beberapa selebriti lain. Hal tersebut memicu spekulasi terkait keterlibatan Chang Wook dalam kasus Burning Sun. Meski begitu, agensi Chang Wook membantah spekulasi tersebut dan menjelaskan bahwa wanita yang disebut sebagai Madam Lin tersebut hanyalah penggemar yang meminta foto bareng sang aktor. "Situasi ini menyebabkan penyebaran rumor palsu, rumor jahat, dan pelecehan seksual terhadap aktor perusahaan tersebut, sehingga menyebabkan kerusakan serius pada reputasi aktor tersebut," terang Glorious Entertainment.

Belakangan, SBS juga memberikan klarifikasi terkait situasi tersebut. "Kami menggunakan foto Madam Lin bersama para selebriti untuk menunjukkan bahwa ia kenal dengan sejumlah artis Korea. Kami tidak bermaksud mengatakan bahwa Ji Chang Wook terikat dengan 'Burning Sun Gate'," jelas pihak SBS.

Tak hanya itu, Chang Wook juga sempat menerima kritik karena menggelar acara promosi drama "Backstreet Rookie" di tengah pandemi COVID-19 pada 2020 lalu. Untuk mempromosikan drama tersebut, Chang Wook bekerja sebagai kasir di minimarket GS25 seperti karakternya dalam drama. Namun kemunculan Chang Wook menimbulkan kerumunan besar hingga melanggar protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi.

Menyusul kritik tersebut, pihak agensi meminta maaf dan menjelaskan bahwa kemunculan Chang Wook itu awalnya hanya untuk kepentingan syuting. Namun kemunculan Chang Wook salah dipromosikan sebagai acara publik. Meski begitu, pihak agensi tidak menjelaskan untuk syuting apa acara tersebut dimaksudkan.

Drama "Backstreet Rookie" sendiri sempat dikritik karena menampilkan adegan bernuansa seksual, termasuk dimana seorang siswi di bawah umur mendekati orang dewasa untuk mendapat rokok dan akhirnya menciumnya. Drama tersebut menerima 6.384 pengaduan perdata hingga membuat Komisi Standar Komunikasi Korea (KOCSC) turun tangan. KOCSC menyatakan bahwa episode pertama "Backstreet Rookie" melanggar ketentuan peraturan penyiaran termasuk "menjaga kelas" dan "bahasa penyiaran". Menyusul kontroversi tersebut, adegan bermasalah itu dikeluarkan dari layanan VOD replay.

Terlepas dari kontroversi dan kritik yang menyeretnya, Chang Wook selalu memberikan contoh baik untuk para penggemar. Chang Wook bekerja sama dengan LSM MIRAL Welfare Foundation melalui kampanye bertajuk "How You See Me?". Setelah Chang Wook bergabung dalam kampanye tersebut, para penggemarnya dari berbagai negara ramai-ramai memberi sumbangan dan mengirimkan 400 kilogram beras. Sumbangan yang diberikan atas nama Ji Chang Wook itu akan digunakan untuk membantu anak-anak penyandang disabilitas serta membantu membayar biaya pengobatan dan hidup bagi keluarga berpenghasilan rendah.

Pada awal 2023, Chang Wook sendiri menyumbangkan 100 juta won (Rp1,1 miliar) untuk korban gempa bumi di Turki dan Syria. Gempa yang mengguncang Turki dan Syria pada 6 Februari itu telah menimbulkan puluhan ribu korban jiwa.

Kini, Chang Wook masih terus aktif di dunia akting. Setelah tampil sebagai polisi di "The Worst of Evil", Chang Wook dijadwalkan muncul di drama romantis "Welcome to Samdalri" bersama Shin Hye Sun. Rencananya, Chang Wook juga akan membintangi film "Revolver" bersama Lim Ji Yeon.

Filmografi

Serial Drama

  1. You Stole My Heart” (2008)
  2. My Too Perfect Sons” sebagai Song Mi Poong (2009)
  3. Hero” (2009)
  4. Smile Again” sebagai Carl Laker / Dong Hae (2010)
  5. Warrior Baek Dong Soo” sebagai Baek Dong Soo (2011)
  6. Bachelor's Vegetable Store” sebagai Han Tae Yang (2011)
  7. Five Fingers” sebagai Yoo In Ha (2012)
  8. Empress Ki” sebagai Ta Hwan / Kaisar Huizong (2013)
  9. Secret Love” sebagai malaikat pelindung (2013)
  10. Healer” sebagai Seo Jung Hoo (2014)
  11. The K2” sebagai Kim Je Ha (2016)
  12. Suspicious Partner” sebagai No Ji Wook (2017)
  13. Melting Me Softly” sebagai Ma Dong Chan (2019)
  14. Backstreet Rookie” sebagai Choi Dae Hyun (2020)
  15. Lovestruck in the City” sebagai Park Jae Won (2021)
  16. The Sound of Magic” sebagai Ri Eul (2022)
  17. If You Wish Upon Me” sebagai Yoon Gyeo Rye (2022)
  18. The Worst of Evil” sebagai Park Jun Mo (2023)
  19. Welcome to Samdalri” sebagai Jo Yong Pil (2023)
  20. Empress Woo” sebagai Go Nam Mu (2024)

Film

  1. Sleeping Beauty” (2008)
  2. Death Bell 2: Bloody Camp” sebagai Soo Il (2010)
  3. How to Use Guys With Secret Tips” sebagai Hong Joon (2013)
  4. The Long Way Home” sebagai cameo (2015)
  5. Fabricated City” sebagai Kwon Yoo (2017)
  6. The Bros” sebagai Choon Bae muda (2017)
  7. Hard Hit” sebagai cameo (2021)
  8. Revolver” (akan datang)
  9. Two Policemen” (akan datang)

Web Series

  1. Young Actors' Retreat” sebagai cast member (2022)
Diskografi

Mini Album/EP

  1. ”Be With You” (Album Mandarin) (2016)

Soundtrack

  1. ”Meet-Again Meet Again” - “Warrior Baek Dong Soo” OST (2011)
  2. ”Oh-Sing-Sing-Men Oh Sing Sing Men” - “Bachelor's Vegetable Store” OST (2011)
  3. ”Your Warmth” - “Bachelor's Vegetable Store” OST (2011)
  4. ”Fill Up” - “Five Fingers” OST (2012)
  5. ”To the Butterfly” - “Empress Ki” OST (2014)
  6. ”I Will Protect You” - “Healer” OST (2015)
  7. ”Kissing You” - “First Seven Kisses” OST (2016)
  8. ”101 Reasons Why I Like You” - “Suspicious Partner” OST (2017)
  9. ”When Love Passes By” - “Melting Me Softly” OST (2019)
  10. ”Magic In You” - “The Sound of Magic” OST (2022)
  11. ”Do You Believe in Magic?” - “The Sound of Magic” OST (2022)
  12. ”Don't Make Me Dream” - “The Sound of Magic” OST (2022)
  13. ”Merry-Go-Round” - “The Sound of Magic” OST (2022)
  14. ”A Curse of Asphalt” - “The Sound of Magic” OST (2022)
  15. ”Annarasumanara” - “The Sound of Magic” OST (2022)
Penghargaan

APAN Star Awards

  1. 2014: Excellence Award (Actor in a Serial Drama) (nominasi)
  2. 2015: Excellence Award (Actor in a Miniseries) (nominasi)
  3. 2021: Excellence Award (Actor in a Miniseries) (nominasi), Popular Star Award (Actor) (nominasi)
  4. 2022: Global Star Award

Asia Artist Awards

  1. 2019: Asia Celebrity (Actor), Best Actor

Asian Film Awards

  1. 2023: AFA Next Generation Award

Baeksang Arts Awards

  1. 2017: Best New Actor (Film) (nominasi)

China TV Drama Awards

  1. Most Popular Actor (Overseas)

KBS Drama Awards

  1. 2010: Best New Actor (nominasi)
  2. 2011: Excellence Award (Actor in a Daily Drama)
  3. 2014: Best Couple Award (bersama Park Min Young), Popularity Award (Actor), Excellence Award (Actor in a Mid-length Drama) (nominasi)

Korea's Best Dresser Swan Awards

  1. 2016: Best Dressed Actor

Korea Drama Awards

  1. 2011: Best New Actor (nominasi)
  2. 2014: Top Excellence Award (Actor) (nominasi)

MBC Drama Awards

  1. 2013: Excellence Award (Actor in a Special Project Drama)

SBS Drama Awards

  1. 2011: New Star Award
  2. 2012: Excellence Award (Actor in a Weekend/Daily Drama) (nominasi)
  3. 2017: Top Excellence Award (Actor in a Wednesday-Thursday Drama) (nominasi), Best Couple Award (bersama Nam Ji Hyun) (nominasi)
  4. 2020: Top Excellence Award (Actor in a Miniseries Fantasy/Romance Drama) (nominasi), Best Couple Award (bersama Kim Yoo Jung) (nominasi)

Seoul International Drama Awards

  1. 2014: Outstanding Korean Actor (nominasi)

The Musical Awards

  1. 2013: Best New Actor
Trivia
  1. Saat SMA ingin bekerja di bidang arsitektur atau teknik sipil
  2. Memulai karier sebagai aktor teater musikal
  3. Nyanyikan lagu dari musikal “Les Miserables” untuk ujian praktik saat kuliah
  4. Kerap menyumbangkan suara untuk mengisi soundtrack dramanya
  5. Senyum Chang Wook saat audisi “My Too Perfect Sons” membuatnya dipilih oleh sutradara dan penulis naskah
  6. Banyak melakukan adegan ciuman dengan aktor Kang Ha Neul di teater musikal “Thrill Me”
  7. Melakukan adegan action di “The K2” tanpa stuntman
  8. Menjadi pengisi suara film anime populer “Your Name” versi Bahasa Korea
  9. Pertama kali belajar naik kuda saat bintangi drama “Warrior Baek Dong Soo”
  10. Bisa merajut berkat perannya sebagai Song Mi Poong di “My Too Perfect Sons”
  11. Ji Chang Wook lebih pilih Song Hye Kyo dibanding Yoona Girls’ Generation
  12. Tipe wanita ideal Ji Chang Wook adalah orang yang bisa membuatnya nyaman dengan selera humor yang nyambung
  13. Suka mengendarai sepeda motor untuk melepas penat
  14. Bisa berbahasa Mandarin
  15. Tidak tahan minum alkohol