Jill Biden Siap Hadir di Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo Tanpa Joe Biden
Instagram/flotus
Dunia
Kontroversi Olimpiade Tokyo

Sementara itu, kunjungan Jill Biden dan gelaran Olimpiade sendiri akan diadakan kala kasus COVID-19 di Tokyo mengalami peningkatan. Tokyo melaporkan 1.149 kasus COVID-19 baru pada Rabu (14/7) hari ini.

WowKeren - Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Jill Biden dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Tokyo pada 23 Juli 2021 mendatang. Adapun Presiden Joe Biden sendiri tidak akan mendatangi Olimpiade Tokyo. Sehingga ini akan menjadi kali pertama istri Presiden Joe Biden tersebut melakukan perjalanan luar negeri seorang diri sebagai Ibu Negara.

Selain upacara pembukaan, Jill Biden juga dijadwalkan menghadiri sejumlah acara olahraga Olimpiade. Pihak Gedung Putih sendiri telah mengirimkan staf ke Tokyo untuk menilai apakah Jill Biden aman berkunjung ke sana di masa pandemi corona ini.

"Kami sangat menyadari persiapan yang hati-hati, termasuk langkah-langkah kesehatan masyarakat yang diperlukan untuk melindungi atlet, staf, dan penonton, yang telah dilakukan oleh pemerintah dan komite internasional," jelas Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, Selasa (13/7). "Itulah sebabnya, seperti yang kami katakan, kami mendukung Olimpiade ke depan."


Sementara itu, kunjungan Jill Biden dan gelaran Olimpiade sendiri diadakan kala kasus COVID-19 di Tokyo mengalami peningkatan. Tokyo melaporkan 1.149 kasus COVID-19 baru pada Rabu (14/7) hari ini. Jumlah kasus COVID-19 harian tersebut merupakan angka tertinggi di Tokyo sejak 22 Januari 2021 lalu.

Meski demikian, Dr Anthony Fauci selaku kepala penasihat medis Presiden sempat menyatakan pekan lalu bahwa dirinya tidak mengkhawatirkan perjalanan Jill Biden ke Tokyo. Jill Biden sendiri diketahui telah menerima vaksinasi COVID-19 secara lengkap dan kini berusia 70 tahun.

Menurut Fauci, protokol untuk melindungi kesehatan Jill Biden "cukup ketat" dan menilai bahwa sang Ibu Negara dapat memilih sendiri kegiatan apa saja yang sanggup dilakukannya. Adapun Jill Biden akhirnya memutuskan untuk mengikuti pendahulunya yang juga memimpin delegasi AS ke Olimpiade.

Sebagai informasi, Hillary Clinton berangkat ke Olimpiade Musim Dingin di Lilliehammer, Norwegia, pada tahun 1994, serta ke Olimpiade Atlanta pada tahun 1996. Sementara itu, Laura Bush memimpin delegasi ke Olimpiade Turin pada 2006 dan mendampingi Presiden George Washington Bush ke upcara pembukaan Olimpiade Beijing di Tiongkok pada 2008. Adapun Michelle Obama memimpin delegasi ke Olimpiade Musim Panas 2012 di London.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts