'Butter' Milik BTS Dituding Plagiat Lagunya, Komposer Asal Jepang Ini Angkat Bicara
Weverse/BTS
Musik

Karena semakin banyak netizen yang menarik perhatian dan minat mereka pada 'Towering Catastrophe', ada banyak artikel berita yang diterbitkan sehubungan dengan topik ini.

WowKeren - Sebelumnya, perhatian banyak orang tertuju pada lagu "Towering Catastrophe" dari game Nintendo Monster in My Pocket yang dirilis pada 1992. Seorang netizen menemukan bahwa melodi single "Butter" milik BTS (Bangtan Boys) terdengar mirip dengan melodi "Towering Catastrophe".

Karena semakin banyak netizen yang menarik perhatian dan minat mereka pada "Towering Catastrophe", ada banyak artikel berita yang diterbitkan sehubungan dengan topik ini. Satu artikel berita Jepang diterbitkan oleh Wow! Korea menyatakan bahwa komposer lagu tersebut berbicara tentang kesamaan dan bahwa kedua lagu tersebut "terdengar hampir sama, itu lebih dari sekadar sampel."

Namun, setelah artikel itu dirilis, komposer "Towering Catastrophe" menulis di laman blognya dan mengklarifikasi bahwa dia tidak mengatakan "itu lebih dari sekadar pengambilan sampel." Dia menjelaskan dalam sebuah postingan blog bahwa dia tahu tentang BTS tetapi belum pernah mendengar lagu "Butter."


\'Butter\' Milik BTS Dituding Plagiat Lagunya, Komposer Asal Jepang Ini Angkat Bicara

Source: Allkpop

Ketika dia menemukan berita tentang kesamaan "Butter" dengan lagu ciptaannya, dia mendengarkan lagu BTS itu tapi berpikir itu hanya kebetulan bahwa kedua melodi itu terdengar serupa. Dia mengklarifikasi, "Aku melihat artikel itu dirilis menyatakan bahwa aku mengatakan 'Ini lebih dari sekadar pengambilan sampel' tapi aku tidak mengatakan itu." Dia mengatakan dia pikir itu menarik bahwa lagunya mendapatkan perhatian.

Komposer tersebut menulis di blognya, "Ini adalah update pertamaku dalam waktu yang lama tapi aku terkejut hari ini! Dulu sekali, aku menulis musik untuk sebuah permainan yang disebut 'Monster In My Pocket.' Aku tahu tentang BTS tapi aku tidak tidak tahu lagu ini. Jadi ketika aku membandingkan keduanya, aku pikir keduanya memang mirip. Namun, aku pikir melodi yang mirip itu hanya kebetulan." Komposer itu juga membantah bahwa dirinya menuduh BTS memplagiat melodi ke lagu tersebut. "Tertulis (dalam artikel) bahwa aku mengatakan kedengarannya hampir identik dan 'lebih dari sekedar sampling' tapi aku tidak pernah mengatakan hal seperti itu. Tapi aku ingin tahu siapa yang mengatakan itu, haha."

Komposer juga menambahkan bahwa dia tidak memiliki hak atas lagu video game tersebut dan itu milik pengembang video game Konami. Isu plagiarisme lagu "Butter" kini terselesaikan dengan pernyataan sang komposer bahwa kemiripan melodinya hanya kebetulan semata.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait