'Butter' BTS Kembali Tersangkut Isu Plagiarisme, Disebut Mirip dengan Lagu Penyanyi Belanda
Twitter/bts_bighit
Musik

Netizen menemukan lagu lain dari penyanyi Belanda, yang juga 'terdengar mirip' dengan 'Butter'. Lagu 'You Got Me Down' karya Luca Debonaire, musisi asal Belanda, tercatat dirilis pada tahun 2020.

WowKeren - Awal pekan ini, isu plagiarisme seputar single "Butter" milik BTS (Bangtan Boys) yang memuncaki chart Billboard Hot 100 dengan sebuah soundtrack game Jepang akhirnya telah selesai. Sang komposer soundtrack game secara pribadi menyangkal bahwa "Butter" adalah plagiat lagu ciptaannya.

Sekarang, netizen telah menemukan lagu lain, kali ini dari penyanyi Belanda, yang juga "terdengar mirip" dengan "Butter". Lagu "You Got Me Down" karya Luca Debonaire, musisi asal Belanda, tercatat dirilis pada tahun 2020.

Tampaknya komposer asli "You Got Me Down" adalah seorang musisi bernama Adri Blok. Setelah beberapa penelitian, penggemar juga mengklaim bahwa "You Got Me Down" terdaftar di database EDM Beatport.


Sementara itu, kredit untuk "Butter" mencantumkan komposer berikut: Jenna Andrews, Rob Grimaldi, Stephen Kirk, Alex Bilowitz, Sebastian Garcia, Ron Perry, serta member BTS, RM (Rap Monster). Saat ini, para netizen telah memulai perdebatan sengit atas dugaan "kesamaan" antara "You Got Me Down" dengan "Butter".

\'Butter\' BTS Kembali Tersangkut Isu Plagiarisme, Disebut Mirip dengan Lagu Penyanyi Belanda

Source: Allkpop

Di satu sisi, beberapa netizen percaya bahwa komposer di balik "You Got Me Down" Luca Debonaire sengaja mengangkat masalah dengan "Butter" untuk memanfaatkan ketenaran global BTS. Beberapa netizen juga menulis bahwa Luca Debonaire membeli melodi untuk "You Got Me Down" dari komposer Sebastian Garcia, dan bahwa Garcia tampaknya menggunakan melodi duplikat.

Di sisi lain, beberapa netizen mengklaim bahwa Big Hit Music seharusnya "melaporkan" dan "mengambil tindakan" untuk menghapus berbagai artikel atau posting komunitas tentang masalah yang sedang berlangsung.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait