Kebakaran Hutan Terbesar California Hanguskan Banyak Rumah Di Daerah Terpencil
AP Photo/Noah Berger
Dunia

Kebakaran hutan terbesar terjadi di California, dan menghanguskan banyak rumah di sekitar lokasi kejadian. Saat ini petugas pemadam kebakaran tengah berupaya untuk bisa memadamkannya.

WowKeren - Peristiwa alam baru-baru ini terjadi di California, Amerika Serika (AS). Adapun peristiwa alam tersebut adalah kebakaran hutan. Kebakaran ini disebut menjadi yang terbesar.

Kebakaran hutan terbesar itu melahap habis rumah-rumah di daerah terpencil. Dengan akses yang terbatas, membuat para petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan mengalami kesulitan dalam memadamkan kobaran api tersebut.

Dixie Fire yang besar itu terjadi sejak 14 Juli lalu, dan telah meratakan lebih dari 12 rumah dan bangunan lainnya. Kemudian terjadi Fly Fire yang menyebabkan komunitas kecil Indian Falls di California Utara menjadi morat-marit pada Sabtu (24/7).

Kobaran api tersebut menghanguskan hampir 298 mil persegi (772 km persegi) wilayah hutan. Kemudian kayu dan semak-semak di Kabupaten Plumas dan Butte itu menjadi hangus terbakar sekitar 21 persen.


Rick Carhart selaku Juru Bicara Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan dan harus melewati medan yang sulit. Dalam medan tersebut, mesin tidak bisa berjalan dengan optimal.

"Telah terbakar di ngarai yang sangat curam, beberapa tempat di mana hampir tidak mungkin bagi manusia untuk menginjakkan kaki di tanah untuk masuk ke sana," terang Carhart. "Ini akan menjadi perjalanan yang panjang."

Meski demikian, para petugas mendapatkan cara secara proaktif dalam memadamkan kobaran api tersebut. Dalam peristiwa tersebut, petugas juga diminta untuk mengevakuasi para korban, termasuk beberapa komunitas pegunungan kecil yang berada di sepanjang barat Danau Almanor. Menurut para pejabat, dari peristiwa tersebut mengancam ribuan rumah.

Lebih dari 2.200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan dalam mengatasi kebakaran hutan terbesar itu. Adapun fokus utama para petugas dalam memadamkannya adalah membangun garis penahan di tepi Utara dan Timur lokasi kejadian. Kemudian adanya ramalan cuaca yang mengatakan akan terjadi hujan pada pekan ini, sedikit membuat para petugas lega dan bisa beristirahat sejenak.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Departemen Kehutanan Oregon, Marcus Kauffman. Penyebab terjadinya kebakaran hutan itu diketahui dikarenakan petir yang menyambar saat hujan turun.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts