Uki eks Noah Sebut Musik Haram, Begini 'Sanggahan' Rhoma Irama
Instagram
Selebriti

Uki Kautsar bikin heboh setelah menyatakan musik itu haram. Berbanding terbalik dengan Uki, Rhoma Irma justru menyebut musik bisa menjadi sumber kemaslahatan.

WowKeren - Uki eks Noah mendadak bikin heboh setelah menganggap musik haram. Pemilik nama lengkap Uki Kautsar ini memang memutuskan untuk hijrah dan keluar dari band yang membesarkan namanya sejak 2019 silam.

Pendapat Uki dibantah oleh Raja Dangdut Rhoma Irama yang banyak tersebar di YouTube. Sebagai seorang pendakwah, Rhoma Irama memang kerap mendapat pertanyaan soal hukum memainkan musik.

"Maaf, saya lihat di berita-berita musik itu haram, gitar-gitar dibakarin. Itu bagaimana bang Haji?" tanya seorang jemaah dikutip dari Insert Live. "Gitar dibakarin? Waduh jangan. Dulu zaman Nabi Muhammad SAW, nggak ada televisi, begitu ada TV media ini digunakan untuk dakwah. Begitu juga musik," jelas Rhoma Irama.

Ayah Ridho Rhoma tersebut kemudian menjelaskan apabila musik justru bisa membawa umat pada kemaslahatan. Seperti senjata, musik memang bisa menjadi hal buruk ketika tidak dipergunakan dengan baik.


"Bisa menjadi arus, ketika musik ini bisa membawa kepada kemaslahatan. Ketika musik ini bisa membawa kita kembali pada Allah," terang Rhoma Irama. "Contohnya, kalau manusia di belakang senjata orang beriman, dia nggak akan nembak sembarangan. Begitu juga gitar, pisau, tergantung siapa yang megang gitarnya."

Kendati bisa berbahaya, Rhoma Irama tetap berpendapat apabila musik bukan sesuatu yang haram. "Musik itu bisa dijadikan sebagai media komunikasi, media edukasi pendidikan, bahkan untuk dakwah," pungkas pelantun "Judi" ini.

Sebelumnya Uki mengungkap momen terakhir manggung di acara Tahun Baru yang mengubah pemikirannya. Musisi yang berguru kepada Ustaz Syarif Riza Basalamah ini syok melihat dampak setelah menampilkan lagu di hadapan penonton.

"Pokoknya pemandangan manggung terakhir itu pemandangan Tahun Baru aja. Dan di situ udah kayak wah kacau. Terus liat, wah ini ngaco nih," tutur Uki. "Jadi melihat hasil perbuatan kita semalem di panggung. Ini yang pada mabok pada di lantai semua. Yang perempuan juga wah. Nggak karuan lah itu. Itukan susah dipertanggungjawabkan nanti."

Uki bahkan menyarankan agar industri musik ditutup. Pernyataan Uki langsung menuai kontroversi dan memicu reaksi dari sejumlah musisi, salah satunya Virgoun.

(wk/nere)

You can share this post!

Related Posts