Suga BTS Tak Begitu Untung Nulis Lagu untuk Suran Hingga IU, Cuma Ingin Dapatkan Ini
Weverse/BTS
Selebriti

Dalam wawancara terbaru, Suga mengaku tidak terlalu banyak mendapat manfaat finansial dari membuat lagu untuk artis lain. Namun ia tetap melakukannya demi mendapatkan hal ini.

WowKeren - Suga BTS (Bangtan Boys) juga dikenal sebagai rapper dan penulis lagu selain idol K-Pop. Baru-baru ini Suga berbicara tentang apa yang ia dapat dari menulis lagu untuk artis lain.

Beberapa lagu yang ditulis oleh Suga antara lain "Wine" yang dipopulerkan Suran, "We Don’t Talk Together" untuk HEIZE dan "Eight" milik IU di mana ia juga menyumbangkan rapnya.

Dalam wawancara bersama Weverse Magazine, Suga mengakui bakatnya yang berbeda. "Aku Suga BTS, dan aku juga Agust D, dan ketika aku memproduksi lagu, aku menggunakan 'by Suga,'" kata pemilik nama Min Yoongi itu.

Berbeda dengan karyanya sebagai Agust D atau sebagai member BTS, melodi yang ia hasilkan untuk orang lain memiliki suara yang lebih "komersial." Suga mengakui hal ini dan mengatakan itu karena ia memiliki tanggung jawab untuk membuat lagu yang disetujui oleh perusahaan yang mempekerjakannya.

"Untuk 'by Suga,' aku membuat musik komersial yang sempurna. Aku produser untuk lagu-lagu itu, tentu saja, tapi pemiliknya adalah orang lain, kalian tahu? Dalam hal ini, mereka memberiku pekerjaan," ungkapnya.


Suga melanjutkan, "Mereka tidak akan berpikir untuk meninggalkan semuanya padaku. Agensi artis harus berpikir dengan hati-hati tentang apakah akan menugaskanku untuk memproduksi dan mempertimbangkan situasiku juga, dan orang-orang itu pasti mengharapkan sesuatu yang komersial."

Memberi agensi artis apa yang mereka inginkan sangat penting sebagai penulis lagu. Suga mengatakan bahwa, "Itu bagian terpenting dari bekerja dengan orang luar."

Suga kemudian mengaku tidak terlalu banyak mendapat manfaat dari membuat lagu untuk artis lain. Ia menyiratkan bahwa bukan uang atau keuntungan serupa yang membuatnya terus maju.

"Sebenarnya, pekerjaan seperti itu tidak banyak bermanfaat bagiku." Sebaliknya, Suga senang ketika pendengar setuju bahwa ia adalah penulis lagu yang cakap yang dapat menangani genre yang berbeda.

"'Oh, dia juga bisa menulis lagu seperti ini.' Itu saja. Hal yang lebih berharga yang bisa kudapatkan dari (menulis lagu untuk artis lain) adalah pengakuan dan rekaman yang akan didapatkan artis atau perusahaan dengan lagu tersebut," tutur Suga.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts