24 Diplomat Rusia Diminta Angkat Kaki dari Amerika Serikat Paling Lambat 3 September
pixabay.com/Ilustrasi/IGORN
Dunia

Dalam sebuah wawancara, Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat Anatoly Antonov menyebutkan bahwa pemerintah AS tiba-tiba memperketat peraturan visa mereka.

WowKeren - Washington telah meminta 24 diplomat Rusia untuk meninggalkan Amerika Serikat paling lambat 3 September mendatang. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat Anatoly Antonov.

Kendati demikian, Antonov tidak mengatakan apakah permintaan AS itu didorong oleh perselisihan tertentu. Begitu juga dari pihak Washington, belum ada komentar langsung.

Antonov menjelaskan bahwa perintah bagi para diplomat itu untuk meninggalkan AS adalah berkaitan dengan masa berlaku visa mereka. Dalam sebuah wawancara dengan majalah National Interest yang diterbitkan pada hari Minggu (1/8), Antonov menyebutkan bahwa pemerintah AS tiba-tiba memperketat peraturan visa mereka.

"Hampir semua dari mereka akan pergi tanpa penggantian," paparnya. "Karena Washington tiba-tiba memperketat prosedur penerbitan visa."


Diketahui, Moskow dan Washington telah lama berbeda pendapat dalam berbagai masalah. Terlebih lagi setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan dia yakin Presiden Rusia Vladimir Putin adalah seorang pembunuh, hubungan kedua negara kian terpuruk.

Kemudian, ketegangan agak mereda setelah Biden bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pada 16 Juni. Yang mana pertemuan ini bahkan menyebabkan kembalinya sejumlah uang investor asing ke dalam obligasi pemerintah Rusia.

Kembali ke Antonov, ia berharap agar negaranya kembali dapat menormalkan kehidupan para diplomat baik di Rusia maupun Amerika Serikat melalui prinsip timbal balik. "Kami berharap akal sehat akan menang," imbuhnya.

Antonov juga mengatakan dia berharap kedua negara tetap melanjutkan diskusi baru mengenai masalah keamanan siber. "Sebagai pilihan, kita bisa berdiskusi tentang ancaman dunia maya terhadap sistem kontrol senjata, dll."

Sementara itu beberapa waktu lalu, Biden juga sempat memberikan sanksi kepada Rusia. Ia menuduh Rusia telah melakukan intervensi Pemilu dan juga serangan siber terhadap Washington. AS bahkan akan mengusir 10 diplomat Rusia di Washington. Tak tinggal diam, pada Jumat (16/4), Rusia menanggapi rentetan sanksi baru AS dengan mengatakan akan mengusir 10 diplomat AS.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru