Perayaan HUT RI Ke-76 Di Istana, Pesawat Tempur TNI AU Tampilkan Atraksi Fly Pass
pixabay.com/Ilustrasi
Nasional

Perayaan HUT RI ke-76 di Istana Negara pada Selasa (17/8) hari ini, semakin meriah dengan penampilan memukau dari TNI AU. Meski dilaksanakan dengan keterbatasan, upacara tetap khidmat.

WowKeren - Pada Selasa (17/8) hari ini, Istana Negara menggelar upacara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76. Upacara digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat lantaran masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Dalam upacara HUT RI kali ini, TNI Angkatan Udara (AU) kembali menyumbangkan aksi memukaunya yakni dengan menampilkan atraksi flay pass di langit Istana Negara. Hal ini tentunya menambah semarak peringatan HUT RI ke-76 meski dilakukan dengan keterbatasan.

Adapun deretan pesawat tempur yang melaksanakan atraksi fly pass adalah 8 pesawat F-16 Fighting Falcon. Pesawat ini membentuk arrow head formation pada ketinggian 1.000 kaki.

Selanjutnya, misi penerbangan dengan call sign "Garuda Flight" ini dipimpin oleh Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto. Agus sendiri merupakan alumni Akademi Angkatan Udara yang saat ini menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3.


"Kami elang-elang Angkatan Udara (AU) penjaga tanah air dari ketinggian 1.000 kaki mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021," ujar Agus dari pesawat tempur. "Indonesia Tangguh, Indonesia Maju."

Formasi tersebut dilakukan oleh TNI AU tepat setelah upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI selesai digelar di Istana Negara, Jakarta. Berdasarkan pantauan siaran langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, tepat pukul 10.37 WIB, formasi "Garuda Flight" melintas di atas Istana Negara. Kemudian melakukan manuver bomb burst pada ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut.

Seperti yang diketahui, pelaksanaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI kali ini digelar secara terbatas hingga virtual lantaran masih berada dalam kondisi pandemi COVID-19. Dalam pelaksanaanya pun, menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Presiden Joko Widodo melalui Instagram resmi, @jokowi, menyampaikan pesan mengenai HUT RI ke-76. Jokowi mengharapkan masyarakat bisa tangguh dalam menghadapi segala cobaan yang menimpa Indonesia, khususnya pandemi COVID-19.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait