Gunung di Swedia Menyusut Imbas Perubahan Iklim
Alamy
Dunia

Para peneliti mengatakan perubahan iklim mendorong pencairan gletser. Banyaknya gletser yang mencair telah membuat Kebnekaise kehilangan ketinggian lebih dari 20 meter.

WowKeren - Perubahan iklim dapat membawa dampak pada bentang alam di muka bumi. Di Swedia misalkan, Gunung Kebnekaise, tercatat mengalami penyusutan.

Para peneliti mengatakan perubahan iklim mendorong pencairan gletser. Banyaknya gletser yang mencair telah membuat Kebnekaise kehilangan ketinggian lebih dari 20 meter sejak pertengahan 1990-an.

Universitas Stockholm mengatakan bahwa Kebnekaise yang merupakan satu-satunya gletser puncak gunung yang tersisa di Swedia, kehilangan ketinggian dua meter lagi pada tahun lalu. Hal ini disebabkan karena meningkatnya suhu udara yang didorong oleh perubahan iklim.

Puncak gletser Kebnekaise tercatat sebagai puncak tertinggi di Swedia sampai tahun 2019. Namun sayangnya pada tahun 2019, puncak selatan Masif Kebnekaise diturunkan ke peringkat kedua di antara pegunungan Swedia. Hal ini terjadi setelah sepertiga gletsernya mencair. Puncak utara Kebnekaise, di mana tidak ada gletser, sekarang menjadi yang tertinggi di negara Nordik.


"Pada 14 Agustus, puncak selatan Kebnekaise diukur pada 2.094,6 meter (6.912 kaki) di atas permukaan laut oleh para peneliti dari stasiun penelitian Tarfala," kata pihak universitas melalui pernyataan pada Selasa ((17/8). "Ini adalah ketinggian terendah yang pernah diukur sejak pengukuran dimulai pada 1940-an."

Pada pertengahan 1990-an, ketinggian puncak selatan Kebnekaise tercatat di angka 2.118 meter. Kenaikan suhu udara dapat menjelaskan menurunnya puncak gunung tersebut. Namun, ada faktor lain yang juga harus diperhatikan seperti kondisi angin.

"Penurunan puncak dan perubahan tampilan drift terutama dapat dijelaskan oleh kenaikan suhu udara dan juga perubahan kondisi angin," lanjut mereka. "Yang mempengaruhi tempat akumulasi salju di musim dingin."

Perubahan tersebut mencerminkan pemanasan iklim Swedia yang berlangsung lama, mengutip laporan panel iklim PBB baru-baru ini yang mengatakan pemanasan global telah menyebabkan pencairan gletser yang tak tertandingi dan hampir lepas kendali.

Masif Kebnekaise terletak sekitar 150 km (90 mil) di sebelah utara Lingkaran Arktik di jajaran Pegunungan Skandinavia yang membentang di sebagian besar Norwegia utara dan Swedia. Bentang alam ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia Laponia.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru