Birthday Spotlight: Happy G-Dragon Day
Selebriti

Birthday Spotlight pekan ini hadir dalam rangka merayakan ulang tahun G-Dragon BIG BANG yang jatuh pada Rabu (18/8) lalu. WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier hingga rencana masa depan pemilik nama asli Kwon Ji Yong tersebut.

WowKeren - G-Dragon BIG BANG baru saja merayakan ulang tahun ke-33 (perhitungan umur internasional) yang jatuh pada Rabu (18/8) lalu. Kali ini Birthday Spotlight akan hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengupas tuntas perjalanan hidup sang leader boy grup yang dijuluki "King of K-Pop" tersebut.

Sosok G-Dragon tentunya sudah akrab di benak para pecinta musik Korea. Pasalnya sang penyanyi sekaligus produser itu sudah berhasil menelurkan lagu-lagu yang membawa BIG BANG pada popularitas baik di kancah nasional maupun internasional.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk intip perjalanan karier G-Dragon dari sebelum debut hingga menjadi penyanyi dan seniman papan atas seperti sekarang ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

G-Dragon dilahirkan dengan nama Kwon Ji Yong di Seoul, Korea Selatan. Ia menjadi bagian dari grup musik Little Lula saat berusia lima tahun dan harus dibuat terkejut karena kontraknya dibatalkan usai merilis album Natal. Kendati tidak ingin lagi menjadi penyanyi, SM Entertainment tertarik dengan bakatnya dan ia menjadi trainee dance selama lima tahun dari usia 8 hingga 13 tahun.

Meski merasa bakat dance tidak terasah, G-Dragon muda tertarik dengan musik rap dan menjadi rapper Korea termuda pada tahun 2001. Atas bakatnya itu, salah satu member duo hip hop Jinusean merekomendasikannya kepada Yang Hyun Suk dan kemudian menjadi trainee YG Entertainemnt.

Semula G-Dragon akan diorbitkan bersama Taeyang atau Dong Young Bae untuk menjadi duo GDYB (yang diambil dari nama mereka). Dari sanalah Ji Yong dikenal sebagai G-Dragon, "Ji" dieja serupa dengan huruf G dan "Yong" adalah bahasa Korea dari dragon (naga).

2. Debut


Debut
YouTube/YG ENTERTAINMENT

G-Dragon debut bersama BIG BANG pada tahun 2006 silam. Awalnya boy grup beranggotakan G-Dragon, Taeyang, T.O.P, Daesung dan Seungri ini berjumlah enam orang namun Hyunseung keluar dan menjadi member BEAST beberapa tahun setelahnya.

Boy grup yang pembentukannya didokumentasikan dalam sebuah acara televisi ini meraih kesuksesan yang lumayan di awal debutnya. Album "Bigbang Vol. 1" terjual setidaknya 40 ribu copy.

Sejak BIG BANG merilis album "Always" di tahun 2007, G-Dragon mulai melibatkan diri dalam menyusun album. Album ini membawa BIG BANG ke posisi yang lebih tinggi dengan lagu utama ikonik berjudul "Lies".

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Selain berkiprah bersama BIG BANG, G-Dragon juga mengambil jalur solo karier. Pada usianya yang ke-20 tahun atau 21 versi Korea, ia merilis album debut solonya "Heartbreaker". Album solo perdananya terjual lebih dari 200 ribu copy.

Meski sudah mendapatkan pengakuan publik sejak merilis album "Always" pada 2007 lalu, BIG BANG menduduki puncak kejayaan pada tahun 2008 hingga 2012. BIG BANG mendunia dengan lagu-lagu mereka seperti "Tonight", "Love Song", "Blue", hingga "Fantastic Baby" yang sudah ditonton sebanyak nyaris 200 juta kali di YouTube. Album "Alive" yang rilis 2012 lalu berhasil menduduki peringkat 11 tangga lagu Billboard Social 50.

Di samping prestasinya bersama BIG BANG, G-Dragon juga aktif bersolo karier. Tur dunianya yang bertajuk "ACT III: M.O.T.T.E" atau "Moment of Truth The End" pada tahun 2017 lalu menjadi salah satu tur solois Korea terbesar yang pernah ada. Tak hanya sebagai penyanyi, ia juga unjuk kemampuan artisik dengan menggelar pameran seni PEACEMINUSONE: Beyond The Stage 2015 lalu yang menjadi cikal bakal merek pakaiannya sendiri.

4. Hubungan Asmara


Hubungan Asmara
Instagram

G-Dragon punya seredet daftar panjang perempuan yang dirumorkan terlibat hubungan asmara dengannya. Perempuan pertama ialah Sohee Wonder Girls hanya karena mereka pernah bekerja sama juga mengenakan pakaian dan aksesoris senada dalam beberapa kesempatan. Hingga saat ini tidak ada kebenaran terungkap mengenai rumor tersebut.

Berikutnya, berita yang paling santer terdengar adalah G-Dragon berkencan dengan model Jepang bernama Kiko Mizuhara. Meledak sejak 2010 silam, gosip mereka berpacaran diperkuat dengan foto-foto berdua dan terlihat berpelukan di Paris. Setelah diisukan putus, G-Dragon terlibat pemortretan mesra dan diisukan berkencan dengan Nana Komatsu yang juga seorang model asal Jepang.

Sederet nama-nama lain seperti Tae Yeon Girls' Generation, mendiang Sulli f(x), hingga Jooyeon After School juga dirumorkan menjalin hubungan asmara dengan G-Dragon. Terakhir kali dan cukup diyakini kebenarannya adalah, Dispatch merilis pernyataan bahwa G-Dragon berkencan dengan Jennie BLACKPINK (Black Pink) juniornya di agensi yang dulu pernah duet dengannya dalam lagu "Black".

5. Kontroversi


Kontroversi

G-Dragon dinyatakan positif mengonsumsi rokok jenis ganja pada 5 Oktober 2011. Meski tidak ditemukan jejak ganja di urinnya, tes rambut menunjukkan hasil positif. Penyelidikan terhadap konsumsi ganjanya dilakukan sejak bulan Juni hingga Agustus di tahun yang sama.

Karena G-Dragon terindikasi hanya mengisap dalam jumlah kecil, kejaksaan setempat membebaskannya dari semua dakwaan. Seperti diketahui, rokok jenis ganja masih belum legal di Korea Selatan bahkan hingga saat ini.

Atas kasus tersebut, G-Dragon mengakui bahwa ia mencoba rokok ganja karena tidak tahu dan langsung membuangnya begitu sadar yang diisap bukanlah rokok biasa. Kasus ini menyebabkan YG Entertainement menahan segala kegiatannya dan memberikan waktu untuk merenungi kesalahannya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
osen.mt.co.kr

Setelah keluar dari militer pada 25 Oktober 2019, G-Dragon mengaku disibukkan dengan membuat musik. Menulis lirik dan membuat musik adalah salah satu caranya untuk menghabiskan waktu.

Pada 3 Januari 2020, BIG BANG diumumkan akan tampil di Festival Musik dan Seni Coachella Valley. Tadinya, acara tersebut akan menjadi penampilan pertama mereka sebagai grup sejak tiga tahun. Namun rencana itu ditunda karena pandemi COVID-19.

Pada bulan Maret 2020, dilaporkan bahwa G-Dragon dan member BIG BANG lain sudah memperbarui kontrak mereka dengan YG Entertainment. Kendati belum ada pertama apa-apa hingga saat ini, G-Dragon sedang mempersiapkan comebacknya bersama boy grup K-Pop legendaris tersebut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru