Menkes Budi Sebut Indonesia Peringkat 6 Dunia Terkait Jumlah Orang Divaksinasi COVID-19
Twitter/KemenkesRI
Nasional

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin lantas menyatakan bahwa Indonesia kini berada di peringkat enam dunia dalam hal jumlah masyarakat yang telah divaksinasi COVID-19.

WowKeren - Pemerintah Indonesia terus menggencarkan program vaksinasi COVID-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin lantas menyatakan bahwa Indonesia kini berada di peringkat enam dunia dalam hal jumlah masyarakat yang telah divaksinasi COVID-19.

"Per kemarin Indonesia menduduki peringkat enam dunia dalam hal jumlah rakyat di negara tersebut yang sudah berhasil mendapatkan akses ke vaksinasi," tutur Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI pada Rabu (25/8).

Per Selasa (24/8) kemarin, tercatat sekitar 57 juta orang di Indonesia telah mendapatkan akses ke vaksinasi COVID-19. Indonesia hanya berada di bawah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Brasil, dan Jepang.

Sedangkan berdasarkan jumlah suntikan vaksin COVID-19, Indonesia berada di peringkat tujuh dunia. "Dari jumlah suntikan yang diberikan, kita ada di posisi ketujuh dunia di bawah China, India, Amerika, Brasil, Jepang, dan Jerman," papar Budi.


Per Rabu pagi, jumlah suntikan Vaksin COVID-19 di Indonesia telah melampaui angka 92 juta dosis. Budi lantas memaparkan laju kenaikan vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

"Sebagai gambaran bapak ibu, program vaksinasi di Indonesia dimulai tanggal 13 Januari dan kita menembus angka 50 juta pertama itu di tanggal 8 Juli, jadi ada sekitar 26 minggu," paparnya. "Dan sekarang kita sedang berusaha keras agar kita bisa menembus angka 50 juta kedua menjadi 100 di akhir Agustus, yaitu sekitar tujuh minggu."

Dengan demikian, Indonesia dapat mencapai angka vaksinasi sekitar 300 juta pada akhir tahun 2021 mendatang. "Sehingga angka 400 juta sesudah ditambah target anak-anak usia 12-17 kita bisa selesaikan di sekitar Januari atau Februari 2022," jelasnya.

Sebagai informasi, BPOM RI telah memberikan izin penggunaan darurat alias emergency use authorization (EUA) kepada tujuh jenis Vaksin COVID-19. Antara lain Vaksin COVID-19 Sinovac (CoronaVac), Vaksin COVID-19 Bio Farma, AstraZeneca COVID-19 Vaccine, Sinopharm, Moderna, Comirnaty (Pfizer), dan yang terbaru Sputnik-V.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru