Thailand Siap Gelontorkan Vaksin Pfizer untuk 4 Juta Anak Sekolah
pexels.com/Nataliya Vaitkevich
Dunia

Thailand sebelumnya telah mendapatkan lebih dari 1,5 juta dosis Pfizer dari Amerika Serikat. Vaksin sumbangan ini diberikan untuk kelompok prioritas tertentu.

WowKeren - Pemerintah Thailand berencana melakukan vaksinasi COVID-19 dengan menggunakan Pfizer terhadap siswa sekolah. Rencananya, mulai September mendatang lebih dari 4 juta siswa yang berusia antara 12-18 tahun akan disuntik dengan menggunakan vaksin tersebut.

Kanokwan Vilawan dari Kementerian Pendidikan mengatakan para pejabat akan meluncurkan 3 juta dosis vaksin, yang akan tiba bulan depan. Pemerintah akan mencari lebih banyak dosis untuk mencakup 4 juta anak muda.

Menurut laporan Bangkok Post, Kanokwan mengharapkan peluncuran akan selesai dalam sebulan, yang mana hal ini bertepatan dengan momen pembukaan kembali sekolah. Dia mengatakan 600.000 dari 900.000 guru di seluruh negeri kini telah divaksinasi.

Thailand sebelumnya telah mendapatkan lebih dari 1,5 juta dosis Pfizer dari Amerika Serikat. Vaksin sumbangan ini diberikan untuk kelompok prioritas tertentu. Vaksin itu sedang didistribusikan oleh Departemen Pengendalian Penyakit, dengan petugas kesehatan garis depan yang divaksinasi penuh diprioritaskan untuk suntikan booster.


Kelompok prioritas lainnya selain tenaga kesehatan adalah orang lanjut asia. Sebanyak 645.000 orang lanjut usia dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya juga menerima dosis Pfizer, termasuk wanita yang hamil di atas 12 minggu.

Sementara itu, 150.000 dosis telah disisihkan untuk ekspatriat lanjut usia atau mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Siswa yang perlu bepergian ke luar negeri untuk kuliah juga berhak atas dosis Pfizer. Pemerintah juga menyisihkan sebanyak 5.000 dosis untuk penelitian dan 40.000 dosis sedang disimpan kembali jika terjadi wabah di masa depan.

Di Bangkok, Rumah Sakit Ramathibodi, Rumah Sakit Siriraj, dan Rumah Sakit Chulalongkorn Memorial sedang menangani peluncuran vaksin, yang akan dilakukan oleh rumah sakit lokal di provinsi sekitar Nonthaburi, Nakhon Pathom, Samut Prakan, Samut Sakhon, dan Pathum Thani.

Pemerintah juga berencana membuat usulan pelonggaran bagi mereka yang sudah divaksinasi lengkap. Rencana ini didasarkan pada jumlah kasus aktif COVID-19 yang cenderung menurun. Berdasarkan proposal tersebut, penerbangan domestik dari zona merah tua, yang saat ini ditangguhkan, juga akan diizinkan dengan syarat khusus.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait