Korban Tewas Kebakaran Lapas Di Tangerang Kini Bertambah Jadi 44 Orang
Nasional

Jumlah korban tewas atas peristiwa kebakaran lapas di Tangerang kini bertambah. Pihak keluarga dan kerabat para korban pun tengah menunggu kedatangan jenazah untuk mengurus kepulangannya.

WowKeren - Peristiwa kebakaran di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang pada Rabu (8/9) kemarin, menewaskan 41 orang narapidana. Kemudian 8 orang lainnya mengalami luka berat.

Kini, jumlah korban tewas dalam peristiwa kebakaran tersebut telah bertambah menjadi 44 orang. Sebelumnya, ketiga orang tersebut dirawat di RSUD Kota Tangerang karena mengalami luka bakar serius.

"Iya, barusan kami mendapat info tambahan, jadi total 44 (orang)," terang Rika Aprianti selaku Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dalam keterangan tertulis, Kamis (9/9).

Adapun ketiga korban meninggal itu diketahui identitasnya adalah Hadiyanto, Adam Maulana, dan Timothy Jaya. Sebelum disampaikan bertambah menjadi 3 orang, Rika menyatakan korban tewas bertambah 2 orang.


Sementara itu, atas kejadian kebakaran lapas di Tangerang itu, Menkumham Yasonna H. Laoly menyampaikan permintaan maaf terhadap keluarga narapidana, terutama bagi keluarga korban tewas. Ia turut menyampaikan bela sungkawa kepada mereka semuanya.

Yasonna mengaku telah meminta maaf secara pribadi terhadap korban kebakaran lapas Tangerang itu. Ia pun menegaskan bahwa seluruh biaya pengobatan, pemulasaraan, pemakaman, dan urusan identifikasi jenazah, termasuk juga memberi santunan terhadap keluarga korban.

Lebih lanjut, Yasonna juga menyatakan akan bertanggungjawab sepenuhnya. Meski demikian, ia menyebut kejadian kebakaran itu merupakan musibah yang menjadi evaluasi pihaknya ke depan untuk memperbaiki sistem di seluruh lapas Indonesia.

"Kalau namanya pimpinan lepas tanggung jawab itu sudah tidak benar," tegas Yasonna. "Saya sebagai Menteri tentu saya harus menyampaikan tanggung jawab, tentu saya akan minta jajaran saya di bawah. Tapi, ini jelas musibah dan tidak kita inginkan."

Sementara kedatangan para jenazah tersebut disambut oleh para keluarganya yang telah menunggu di Posko Ante Mortem di Lapas Kelas I Tangerang. Selain itu, ada juga keluarga yang mendatangi RSUD Tangerang dan Posko Ante Mortem di Rumah Sakit Bhayangkara Tk.I R. Said Sukanto di Jakarta Timur.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru