Korea Utara Adakan Parade Militer Tengah Malam Peringati Hari Jadi Ke-73
Dunia

Pada Kamis (9/9) dini hari, Korut merayakan HUT yang ke-73. Peringatan hari jadi negara itu dirayakan dengan sangat meriah dengan menggelar sebuah Parade Militer.

WowKeren - Pada Kamis (9/9) dini hari tadi, Korea Utara menggelar Parade Militer di Pyongyang, untuk memperingati hari jadi atau HUT negara tersebut. Adapun kabar ini diberitakan melalui media pemerintah.

"Pemimpin Kim Jong Un menghadiri acara yang diperingati pada Kamis dini hari, yang diadakan di alun-alun Kim II Sung di ibu kota Pyongyang," tutur KCNA melansir Al Jazeera.

Parade Militer itu akan menjadi pertunjukan ketiga Korut dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Seperti yang diketahui, Pyongyang saat ini masih terus mengejar program senjata nuklir dan rudal balistiknya. Adapun program ini telah disetujui secara internasional selama keterlibatan diplomatik beberapa tahun terakhir.

Selain itu, Parade Militer itu dilakukan juga sebagai ajang "memamerkan" perkembangan rudal terbarunya. "Ada tanda-tanda Korut telah menggelar parade," terang seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel kepada kantor berita AFP.


Meski demikian, dalam pelaksanaan Parade Militer dini hari tadi, belum diketahui secara jelas sistem militer apa yang digunakan dalam perayaan tersebut. "Kami memantau situasi dengan cermat, rincian lebih lanjut memerlukan analisis lebih lanjut," imbuhnya.

Pada Oktober lalu, Kim telah meluncurkan rudal balistik antarbenua yang sebelumnya tak terlihat dalam Parade Militer dini hari tadi. Pada parade Kamis, Korut memamerkan senjata jarak jauh untuk pertama kalinya dalam dua tahun.

Pada Januari lalu, Korut juga telah mengadakan Parade Militer. Adapun rudal balisyik yang diluncurkan dari kapal selam itu digambarkan KCNA sebagai "senjata paling kuat di dunia" yang merupakan inti acara tersebut. Peluncuran rudal pada Januari, dilakukan beberapa hari sebelum pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Sementara itu, situs web spesialis NK News melansir sebuah sumber di Prongyang yang menyebut bahwa kembang api meledak di pusat kotya sekitar tengah malam, dan kembali terlihat pada sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Kemudian juga terdengar suara jet yang terbang di atas, keduanya konsisten bersamaan saat parade berlangsung.

Adapun parade tersebut sebagai perayaan memperingati HUT Korut ke-73. Hingga pertengah pagi, media pemerintah Korut belum merilis foto-foto yang berkaitan dengan parade.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru