Fandom Tiongkok Dilarang 'Buang-Buang' Duit untuk K-Pop, SM dan YG Paling Dirugikan?
Selebriti

Pihak berwenang Tiongkok memperkuat manajemen dan mengawasi fandom seleb di negara mereka. Fandom dilarang mengumpulkan donasi besar-besar untuk idola mereka.

WowKeren - Beberapa hari yang lalu, ada laporan bahwa pihak berwenang Tiongkok memperkuat manajemen dan mengawasi fandom seleb di negara mereka. Fandom dilarang mengumpulkan donasi besar-besar untuk idola mereka.

Menurut Global Times, "The Cyberspace Administration of China (CAC) menerbitkan pemberitahuan yang meminta kantor provinsi untuk meningkatkan upaya untuk memperbaiki kekacauan lingkaran penggemar dan membuat platform terkait hiburan, melakukan tugas mereka untuk menangkal siapapun yang menyembah idol secara tidak rasional."

Pengawasan ini juga untuk menangani gerakan kontroversial oleh penggemar remaja yang membabi buta dalam mengidolakan selebriti, menghabiskan uang secara berlebihan untuk 'idol' mereka, dan mengecualikan orang lain. Karena nilai-nilai yang menyimpang di dalam lingkaran juga dianggap melahirkan cyberbullying dan penggalangan dana ilegal.

Untuk itu, merilis peringkat popularitas selebriti akan dilarang. Anak di bawah umur juga akan dilarang membelanjakan uang untuk mendukung selebriti. Secara khusus, klub penggemar selebriti dilarang mengumpat atau menyebarkan desas-desus palsu secara online. Platform online yang tidak mengelola fandom dengan benar akan dihukum.

Selain itu, agensi hiburan akan bertanggung jawab untuk memimpin klub penggemar dengan benar. Sistem bayar per suara pada program hiburan dilarang. Program hiburan mana pun tidak boleh mendorong penggemar untuk membelanjakan uang untuk produk yang berhubungan dengan selebriti.


Dengan gerakan baru pemerintah Tiongkok ini, tidak hanya industri hiburan Tiongkok yang akan terpengaruh, tapi akan ada perubahan besar dalam industri hiburan Korea. Banyak agensi besar seperti SM Entertainment telah berfokus untuk mengembangkan fandom artis mereka di Tiongkok.

Oleh karena itu, banyak netizen yang membahas bagaimana agensi seperti SM Entertainment dan YG Entertainment akan terpengaruh jika fandom Tiongkok dibatasi untuk mengeluarkan uang ini. Selama ini banyak fandom K-Pop di sana yang mengadakan donasi untuk pembelian album besar-besaran hingga proyek ulang tahun idol K-Pop.

"Aku merasa Jisoo BLACKPINK (Black Pink) akan terpengaruh karena dia memiliki banyak penggemar di Tiongkok," komentar netizen. "SM pasti dalam masalah yang lebih besar karena Lee Soo Man ingin membuat grup besar lain di sana tapi sekarang dia tidak bisa," tambah netizen lain.

"Kupikir semua artis K-Pop berada dalam masalah jika Tiongkok memblokir fandom," tulis netizen. "Aku tidak berpikir BLACKPINK akan terlalu terpengaruh karena mereka memiliki penggemar global," sahut yang lain. "Menurutku SM Entertainment akan terpukul paling keras dengan ini," pungkas lainnya.

Bagaimana menurut kalian?

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts