Nadiem Timbang Usulan Afirmasi Tambahan Guru Honorer, 100 Ribu Orang Bakal Diangkat Jadi PPPK
Instagram/nadiemmakarim
Nasional
Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Mendikbudristek Nadiem mengumumkan bahwa ada 100 ribu orang yang telah lolos seleksi PPPK. Adapun 100 orang tersebut merupakan guru honorer dari seluruh Indonesia.

WowKeren - Pemerintah saat ini masih menyelenggarakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. Maka dari itu, para guru honorer meminta agar pemerintah bisa memberikan afirmasi tambahan poin maupun passing grade agar bisa lolos seleksi PPPK.

Pemerintah diharapkan mampu memberikan perhatian terhadap guru yang telah mengabdi puluhan tahun hingga yang berusia lanjut. Menanggapi hal tersebut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menuturkan bahwa pihaknya telah mendengarkan dan menampung aspirasi itu. Selain itu, ia juga tengah memperjuangkan afirmasi tambahan tersebut.

"Saat ini kami mendengarkan aspirasi masyarakat yang memperjuangkan afirmasi tambahan," terang Nadiem dalam Raker Komisi X DPR dengan Mendikbudristek, Kamis (23/9). "Baik untuk daerah yang kekurangan guru, ataupun yang usia di atas 50 tahun."

Meski demikian, Nadiem menegaskan bahwa jika nantinya keputusan tidak berada sepenuhnya di tangan Kemendikbudristek. Ia menuturkan bahwa ada banyak pihak yang turut memutuskan apakah afirmasi akan diberikan atau tidak. "Masyarakat harus mengerti ini keputusan di berbagai pihak, jadi ada konsensus bersama," ungkapnya.


Mengenai pemberian afirmasi, kata Nadiem, nantinya tidak akan melupakan poin integritas proses seleksi guru. Ketentuan tertentu diatur untuk meningkatkan kualitas dalam pendidikan bagi pelajar Indonesia.

"Pertama, kita apresiasi pengabdian guru honorer dan memberikan afirmasi yang layak, dan di satu sisi ada juga banyak pakar pendidikan kita yang mengingatkan harus menjaga integritas proses seleksi guru kita," beber Nadiem.

Kini, Nadiem mengungkapkan bahwa ada 100 ribu guru honorer yang akan diangkat menjadi guru PPPK. Hal ini merupakan hasil sementara seleksi guru PPPK tahap pertama yang berlangsung pada September 2021.

"Jadi hasilnya apa, jadi berdasarkan seleksi pertama saja ya, sekitar hampir 100 ribu guru honorer di seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK," pungkas Nadiem. "Nah ini mohon tepuk tangannya untuk 100 ribu yang sudah lolos."

Nadiem mengungkapkan bahwa 100 ribu orang yang lolos seleksi PPPK itu merupakan 30 persen dari total 326.476 formasi yang mendapatkan pelamar. Adapun total formasi yang tersedia adalah sebanyak 506.247.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts