Thailand Perdana Pakai Jasa Influencer AI untuk Digital Advertising
Instagram/ai_ailynn
Dunia

Deskripsi Ailyn menjelaskan bahwa ia merupakan anggota gen Z. Tak hanya seorang realis dan ekstrovert yang mudah bergaul, Ailyn memiliki keberanian untuk menjelajahi hal baru.

WowKeren - Kecanggihan teknologi memungkinkan manusia menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu pekerjaan. Bahkan kecerdasan buatan bisa dimanfaatkan untuk bidang pemasaran.

Seperti yang terjadi di Thailand. Negara ini memanfaatkan boneka yang memiliki kecerdasan buatan untuk membantu kegiatan penasaran. Boneka itu bernama Ailyn. Tak hanya bisa bergerak, boneka ini juga bisa mengobrol dan menginspirasi calon pembeli untuk membeli barang-barang tertentu.

Terlebih lagi, tak seperti ketika perusahaan menyewa tenaga seorang pemasar, Ailyn tidak meminta imbalan apa-apa untuk pekerjaannya. Ailyn adalah manusia metaverse pertama di Thailand yang dibuat oleh SIA Bangkok, yang menggambarkan dirinya sebagai influencer virtual. Menurut situs web perusahaan, AI Ailyn berusia 21 tahun dan tinggi 165 cm.

Meski tidak banyak informasi detail yang tersedia tentang boneka ini, namun menurut situs web perusahaan, AI Ailyn memiliki golongan darah AB yang langka. Dia memiliki karakter yang keren dan penuh dengan kepercayaan diri.


Deskripsi Ailyn juga menjelaskan bahwa ia merupakan anggota gen Z. Tak hanya seorang realis dan ekstrovert yang mudah bergaul, Ailyn memiliki keberanian untuk menjelajahi hal baru yang belum diketahui sebelumnya.

Kedatangannya di kancah lokal datang pada saat iklan digital sedang booming, dengan mengorbankan sebagian besar media tradisional lainnya. Melalui Ailyn, SIA berharap dapat membangun minat masyarakat pada merek-merek tertentu sehingga bisa lebih unggul dari merek lainnya yang ada di pasaran.

Tahun lalu, tercatat tagihan iklan digital naik sebesar 8 persen menjadi 21 miliar baht dan diperkirakan akan tumbuh 11 persen lagi tahun ini menjadi 23,3 miliar. Rincian berdasarkan segmen menunjukkan tagihan terkait influencer menyumbang 9 persen atau 2,1 miliar baht, terbanyak kedua setelah Facebook dan YouTube.

Influencer virtual telah menjadi tren global dalam pemasaran influencer. Lu Do Magalu dianggap sebagai influencer virtual paling terkenal di dunia. Dia membuat penampilan pertamanya di YouTube pada tahun 2009 untuk mempromosikan iBlogTV atas nama Majalah Luiza. Saat ini, Lu Do Magalu memiliki 5,5 juta pengikut di Instagram dan 4,2 juta pengikut di TikTok.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts