Mesir Bangun Kolam Riset Akuakultur untuk Tingkatkan Produksi Ikan Warga
Xinhua
Dunia

Amira el-Hanafy, direktur laboratorium penelitian akuakultur, mengatakan bahwa CLAR membantu meningkatkan produksi ikan Mesir melalui penelitian terapan.

WowKeren - Di sebuah peternakan ikan yang ada di lapangan terbuka Mesir, para nelayan membentangkan jaring mereka untuk mengumpulkan ikan. Di peternakan ikan itu terdapat lusinan kolam ikan dengan ukuran yang berbeda.

Para nelayan di sana menjaring ikan kemudian memilahnya untuk dijual. Ikan-ikan ini akan dijual berdasarkan ukurannya. Tak hanya menjaring untuk dibawa ke daratan, para nelayan juga mengambil sebagian kecil dari ikan hasil tangkapan mereka untuk dikembalikan ke kolam.

Kolam itu merupakan kolam penelitian yang dimiliki oleh Laboratorium Pusat Penelitian Akuakultur (CLAR), yang berbasis di provinsi Sharqia di timur laut Mesir. Kolam itu juga milik Pusat Penelitian Pertanian dari Kementerian Pertanian negara itu.


CLAR telah membantu akuakultur dan pisciculture di Mesir dengan penelitian dan studi yang dilakukan di kolam penelitiannya. Namun lebih dari itu, mereka juga telah membantu meningkatkan produksi ikan di Mesir melalui kolam produksinya, termasuk 160 kolam besar yang membentang di area seluas hampir 1.200 feddan (lebih dari 5 persegi km).

Amira el-Hanafy, direktur laboratorium penelitian akuakultur, mengatakan bahwa CLAR membantu meningkatkan produksi ikan Mesir melalui penelitian terapan. Para ilmuwan di sana terus melakukan penelitian untuk mencari cara meningkatkan produksi ikan secara efisien. Terutama soal pakan yang biasanya memakan biaya tinggi dalam proses budidaya ikan.

"CLAR membantu meningkatkan produksi ikan Mesir melalui penelitian terapan, di mana peneliti kami melakukan studi untuk meningkatkan produksi," ujarnya. "Seperti menemukan jenis pakan ikan yang lebih murah namun efisien, yang mewakili biaya tinggi dalam budidaya ikan."

Ia melanjutkan bahwa para peneliti CLAR juga membantu menemukan jenis ikan baru dengan pertumbuhan yang cepat dan tingkat reproduksi yang tinggi, yang juga melayani produksi ikan secara keseluruhan di Mesir. Ia mengatakan bahwa produksi ikan tahunan di Mesir bisa mencapai 2,2 juta ton. "Produksi ikan tahunan Mesir mencapai 2,2 juta ton, 80 persen di antaranya dihasilkan melalui budidaya ikan," kata kepala CLAR kepada wartawan di dekat salah satu kolam produksi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru