Kecelakaan Rel Kereta Makan Korban di Montana, Pihak Berwenang Lakukan Investigasi
AP Photo/Ted S. Warren
Dunia

Juru bicara Amtrak Jason Abrams mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Kereta Empire Builder tujuan barat tergelincir sekitar pukul 4 sore dekat Joplin.

WowKeren - Sebuah insiden kereta tergelincir terjadi di Montana pada Sabtu (25/9) sore waktu setempat. Sedikitnya tiga orang tewas ketika sebuah kereta Amtrak yang melaju dari Seattle ke Chicago tergelincir di utara-tengah Montana. Pihak berwenang mengatakan kecelakaan kereta itu turut berimbas pada beberapa mobil yang ada di sekitarnya.

Juru bicara Amtrak Jason Abrams mengatakan dalam sebuah pernyataan Kereta Empire Builder tujuan barat tergelincir sekitar pukul 4 sore dekat Joplin, sebuah kota berpenduduk sekitar 200 orang. Kecelakaan terjadi di lokasi sekitar 150 mil (241 kilometer) timur laut Helena dan sekitar 30 mil (48 kilometer) dari perbatasan dengan Kanada. Operator sheriff Liberty County Starr Tyler mengatakan kepada The Associated Press bahwa tiga orang tewas dalam insiden itu.

Selain menewaskan 3 orang, insiden itu juga menyebabkan banyak orang mengalami luka. Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh pihak Amtrak. Abrams mengatakan kereta itu mengangkut sekitar 141 penumpang dan 16 awak. Ia melanjutkan bahwa kereta itu memiliki dua lokomotif dan 10 gerbong, delapan di antaranya tergelincir.


"Kami sangat sedih," kata Abrams. "Mengetahui pihak berwenang setempat sekarang mengonfirmasi bahwa tiga orang telah kehilangan nyawa mereka akibat kecelakaan ini."

Megan Vandervest adalah seorang penumpang yang ada di dalam kereta itu yang akan mengunjungi seorang teman di Seattle. Kepada The New York Times, ia mengatakan dirinya terbangun karena tergelincir. Penumpang yang berasal dari Minneapolis itu menilai bahwa kecelakaan semacam itu sulit dipercaya bisa terjadi.

"Pikiran pertama saya adalah bahwa kami tergelincir karena, sejujurnya, saya memiliki kecemasan dan saya telah mendengar cerita tentang kereta yang tergelincir," kata Vandervest. "Pikiran kedua saya adalah itu gila. Kami tidak akan tergelincir. Seperti, itu tidak terjadi."

Terkait insiden ini, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan melakukan investigasi. Juru bicara Eric Weiss mengatakan mereka akan mengirim tim beranggotakan 14 orang, termasuk penyelidik dan spesialis sinyal kereta api dan disiplin ilmu lainnya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts