Krisis Listrik di Tiongkok Berdampak Pada Rumah dan Pabrik, Picu Kekhawatiran Global
Unsplash/Nuno Alberto
Dunia

Krisis listrik Tiongkok ini disebabkan oleh pasokan batu bara yang ketat dan standar emisi yang semakin ketat. Situasi ini telah merugikan produksi di industri di beberapa wilayah.

WowKeren - Tiongkok kini tengah mewaspadai krisis energi. Hal ini membuat pabrik hingga rumah-rumah di wilayah timur laut Tiongkok mengalami pemadaman listrik dan banyak pabrik menghentikan produksi.

Suhu yang makin dingin di musim gugur membuat penduduk di wilayah timur laut Tiongkok melaporkan pemadaman listrik dan meminta pemerintah untuk memulihkan pasokan di media sosial. Sejak pekan lalu, penjatahan listrik telah diterapkan di jam-jam sibuk.

Sebagai informasi, krisis listrik Tiongkok ini disebabkan oleh pasokan batu bara yang ketat dan standar emisi yang semakin ketat. Situasi ini telah merugikan produksi di industri di beberapa wilayah dan menimbulkan risiko bagi rantai pasokan global yang sudah tegang.

Pabrik-pabrik di wilayah timur laut tidak beroperasi untuk menghindari penggunaan energi yang melebihi batas. Beijing menerapkan batas energi tersebut untuk meningkatkan efisiensi. Menurut ekonom dan kelompok lingkungan, produsen menghabiskan kuota energi tahun ini lebih cepat dari yang direncanakan lantaran permintaan ekspor sudah pulih pasca terhantam pandemi COVID-19.


Adapun penangguhan produksi di beberapa pabrik ini memicu kekhawatiran atas potensi kekurangan barang menjelang Natal, termasuk smartphone dan perangkat lainnya. Pada Minggu (26/9), Eson Precision Engineering selaku pemasok komponen Apple menyatakan akan menghentikan produksi di pabriknya di Kunshan, barat Shanghai, hingga Kamis (30/9). Hal itu disebut "sesuai dengan kebijakan pembatasan daya pemerintah setempat".

Menurut pihak Eson, penangguhan produksi tersebut seharusnya tak memiliki "dampak signifikan" pada operasi. Apple sendiri masih belum menanggapi tentang kemungkinan dampak penangguhan produksi tersebut pada persediaan iPhone.

Pemadaman listrik di pabrik-pabrik ini tak hanya menimbulkan kekhawatiran akan pasokan global saja. Di Kota Liaoyang, 23 orang terpaksa dirawat di rumah sakit usai keracunan gas karena ventilasi di pabrik pengecoran logam dimatikan setelah pemadaman listrik.

Sementara itu, pemadaman listrik juga mempengaruhi rumah penduduk dan pengguna non-industri. Administrasi Energi Nasional telah memberi tahu perusahaan batu bara dan gas alam untuk memastikan pasokan energi yang cukup untuk menjaga rumah tetap hangat selama musim dingin.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts