Masa 'Sandbox' Turis Asing di Phuket Dikurangi Jadi 7 Hari Walau Kasus COVID-19 Harian Sampai 11.000
AFP
Dunia
Efek Corona untuk Pariwisata

Thailand mengizinkan turis asing peserta 'Phuket Sandbox' untuk menjalani masa 'sandbox' selama 7 hari. Setelahnya turis tersebut bisa mengunjungi provinsi lain di Thailand secara bebas.

WowKeren - Thailand tak mengurangi upayanya menggerakkan kembali roda perekonomian melalui pariwisata meski di tengah "banjir" kasus COVID-19. Sebagai contoh, pada Kamis (30/9) hari ini saja Thailand mengonfirmasi 11.646 kasus positif COVID-19 baru.

Namun pemerintah Thailand mengizinkan turis asing yang mengikuti program "Phuket Sandbox" untuk menjalani karantina selama 7 hari, lebih pendek sepekan ketimbang peraturan sebelumnya. Yang dimaksud adalah, para turis asing ini hanya perlu bertahan di Phuket selama sepekan sebelum mendapat izin untuk berkunjung ke berbagai destinasi lain di Thailand.

Kendati demikian, Thailand menegaskan kebijakan ini hanya berlaku untuk turis asing yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis penuh. Peraturan ini disampaikan oleh Pusat Informasi Phuket di Facebook-nya, yang menyatakan bahwa peserta program hanya perlu menjalani masa "Sandbox" di hotel bersertifikasi SHA+ selama 7 hari.


Setelah 7 hari, turis-turis asing ini boleh melakukan perjalanan ke berbagai provinsi di Thailand. Turis bisa mendaftarkan diri untuk program baru ini mulai sekarang, dan akan berlaku efektif per 1 Oktober 2021.

Bukan hanya itu, otoritas Thailand juga mengurangi masa kewajiban karantina untuk turis asing, yakni menjadi seminggu saja untuk mereka yang telah divaksin. Hal tersebut disepakati di rapat terkait COVID-19 pada awal pekan ini, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha.

Lebih detail dijelaskan, kelonggaran ini berlaku untuk turis yang telah menerima dosis penuh vaksinasi COVID-19 setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan ke Thailand. Sedangkan untuk turis yang belum divaksin atau tidak bisa membuktikan status vaksinasi mereka harus menjalani masa karantina selama 10-14 hari.

"Phuket Sandbox" menjadi salah satu program pariwisata unggulan Thailand di tengah pandemi COVID-19. Thailand menetapkan secara ketat negara-negara yang boleh mengikuti program ini. Namun ternyata program "Phuket Sandbox" juga diminati oleh beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Indonesia tetapi belum mendapat restu dari pemerintah setempat.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts