Segera Kemoterapi, Komedian Qomar Derita Kanker Usus Hingga Harus Buat Saluran BAB Baru
Selebriti

Komedian senior, Qomar berbagi cerita mengenai kondisi kesehatannya yang memburuk akibat kanker. Qomar rupanya tengah berjuang melawan kanker usus stadium 4.

WowKeren - Pelawak senior, Qomar membawa kabar mengkhawatirkan. Pelawak yang juga seoran dosen itu saat ini tengah berjuang melawn penyakit kanker ganas stadium 4. Meski begitu, Qomar saat ini mengaku dalam kondisi yang baik.

"Alhamdulillah kabarnya baik, sehat insyaallah saya dalam keadaan sehat, hati, jiwa, dan pikiran. Secara fisik masih dalam proses pemulihan," ujar Qomar saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Qomar mengaku sempat menjalani operasi. Sampai kemudian didiagnosa mengidap kanker usus stadium 4. Bahkan karena penyakitnya itu Qomar pun dibuatkan lubang Stoma.

"Operasi cukup besar, dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus dan stadium empat C. Jadi sistem pencernaan saya diubah. Sekarang tidak di anus BAB-nya, tapi pinggang sini. Jadi dibuatkan lubang stoma," jelasnya.

Stoma sendiri merupakan lubang buatan, biasanya dibuat permanen pada usus besar yang melalui dinding tubuh. Stoma dibuat untuk mengeluarkan kotoran akibat gangguan yang dialami kolon atau dubur.


Qomar sendiri mengaku baru beberapa bulan ini mengetahui penyakit yang diidapnya. Saat ini, Qomar juga akan memulai untuk menjalani kemoterapi selama 6 bulan ke depan.

"Hampir dua bulan ini (ketahuan sakit). Besok mulai kemoterapi selama enam bulan ke depan," ungkapnya.

Komedian yang juga berkarier ke dunia politik itu pun menceritakan awal mula dirinya merasakan ada yang aneh pada tubuhnya. Dia bahkan mengalami kesulitan buang air besar.

"Satu waktu selama satu bulan itu tidak bisa buang air besar dan tidak bisa buang gas (kentut). Keras, (seperti) mau pecah," beber Qomar.

Setelah kondisinya yang tak kunjung membaik, Qomar kala itu sempat menjalani perawatan di dua rumah sakit. Sampai akhirnya dia melakukan operasi untuk membuat stoma di pinggangnya.

"Di rumah sakit di Ciputra Hospital ada satu (sampai) dua minggu. Kemudian di RSUD Kabupaten Tangerang sampai dua atau tiga minggu," pungkas Qomar.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru