Beda Dengan Presiden Joe Biden, Gubernur Texas Justru Larang Mandat Vaksinasi COVID-19
Dunia

Sikap Gubernur Texas Greg Abbott ini berseberangan dengan Presiden AS Joe Biden yang berencana mengharuskan pengusaha dengan lebih dari 100 pekerja untuk divaksinasi atau dites COVID-19 mingguan.

WowKeren - Gubernur Texas Greg Abbott mengeluarkan perintah eksekutif pada Senin (11/10) untuk melarang entitas apa pun, termasuk bisnis swasta, dari menegakkan mandat vaksin COVID-19 pada pekerja. Ia juga meminta anggota parlemen negara bagian untuk meloloskan larangan serupa menjadi undang-undang.

Sikap Gubernur Abbott ini berseberangan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang berencana mengharuskan pengusaha dengan lebih dari 100 pekerja untuk divaksinasi atau dites COVID-19 mingguan. Beberapa perusahaan besar, termasuk American Airlines dan Southwest Airlines yang berbasis di Texas, mengatakan mereka akan mematuhi mandat federal.

"Tidak ada entitas di Texas yang dapat memaksa penerimaan vaksin COVID-19 oleh individu mana pun, termasuk karyawan atau konsumen, yang menolak vaksinasi tersebut karena alasan hati nurani pribadi, berdasarkan keyakinan agama, atau karena alasan medis, termasuk pemulihan dari COVID-19," demikian kutipan perintah Gubernur Abbott.

Meski demikian, Abbott yang sudah divaksinasi dan setelahnya dinyatakan positif COVID-19 menyatakan bahwa vaksin COVID-19 sangat dianjurkan untuk orang-orang yang memenuhi syarat vaksinasi. "Tetapi (vaksinasi) harus selalu sukarela untuk orang Texas," tambahnya.


Sebelumnya, Abbott telah melarang mandat vaksin oleh lembaga pemerintah negara bagian dan lokal. Namun ia masih membiarkan perusahaan swasta membuat aturan sendiri untuk pekerja mereka hingga akhirnya menurunkan perintah eksekutif ini pada hari Senin.

Sementara itu, sekitar 52 persen orang Texas telah menerima vaksinasi COVID-19 secara penuh. Proses vaksinasi Abbott sendiri ditayangkan di televisi dan ia juga menganjurkan orang-orang untuk divaksinasi. Tetapi dalam beberapa bulan terakhir, ketika varian delta menyebabkan peningkatan jumlah kasus positif dan rawat inap, Abbott telah memusatkan modal politiknya untuk memerangi mandat vaksin dan masker dari distrik sekolah dan pemerintah setempat.

Di sisi lain, Presiden Biden sebelumnya telah mendesak orang-orang untuk segera divaksinasi COVID-19. Dalam kunjungannya ke Chicago, Biden meminta mereka yang belum divaksinasi untuk "melakukan hal yang benar".

"Itu bisa menyelamatkan hidup Anda. Itu bisa menyelamatkan nyawa orang-orang di sekitar Anda," kata Biden pekan lalu. "Kita bisa mengakhiri ini. Mudah. Bisa diakses dan mendapatkan vaksinnya gratis.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait