Wapres Bakal Tutup PON XX Papua Besok, Penonton di Stadion Harus Bawa Undangan
wapresri.go.id
Nasional

Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah dijadwalkan untuk menutup PON XX Papua pada Jumat (15/10) besok. Sedianya penutupan digelar di Stadion Lukas Enembe mulai pukul 19.00 WIT.

WowKeren - Presiden Joko Widodo diketahui telah membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Sabtu (2/10) lalu. Sedangkan untuk penutupannya yang jatuh pada Jumat (15/10) besok, bukan lagi Jokowi melainkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang akan menghadirinya.

Sedianya Ma'ruf akan menutup PON XX Papua yang akan dilakukan di Stadion Lukas Enembe tersebut. "Kami telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak seperti Gubernur Papua, Pengurus Besar PON, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia," ujar Ketua Panitia Seremoni Penutupan PON XX Papua, M Umar Reliubun, dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (12/10).

Dikutip dari Antara, upacara penutupan PON XX Papua besok akan diselenggarakan dengan protokol kesehatan lebih ketat. Termasuk membatasi jumlah penari maksimal 200 orang meski agenda akan tetap dimeriahkan sejumlah selebritis lokal dan nasional serta dilengkapi dengan pesta kembang api selayaknya upacara pembukaan kemarin.

Panitia juga membatasi kapasitas penonton yang boleh masuk ke venue, yakni maksimal 25 persen. "Itu sudah termasuk atlet, ofisial, dan tenaga pendukung lain. Semua itu demi mengurangi risiko penularan virus Corona," sambung Umar, dikutip pada Kamis (14/10).


Tak hanya itu, penonton yang hendak masuk venue pun harus memiliki undangan yang menjadi syarat masuk alih-alih kartu identitas PON atau gelang. Undangan ini berlaku untuk semua penonton termasuk tamu VIP, dengan dibedakan adanya hologram khusus untuk tamu VIP yang akan diverifikasi oleh pasukan pengamanan presiden.

"Syarat KTP, kartu vaksin, dan undangan bagi masyarakat yang ingin menoton upacara penutupan secara langsung," tutur Umar. "Untuk VIP kami akan berkoordinasi dengan paspampres untuk teknisnya."

Karena itulah, Umar mendorong masyarakat yang belum berkesempatan menonton penutupan PON XX Papua secara langsung di stadion agar menyaksikannya dari rumah. Sebab seperti upacara pembukaan, penutupan PON XX Papua yang dimulai pukul 19.00 WIT ini akan disiarkan di kanal internet serta stasiun televisi nasional.

Di sisi lain, Wapres Ma'ruf Amin sendiri saat ini telah dalam perjalanan menuju Papua meski berhenti di beberapa destinasi. Pasalnya Ma'ruf dijadwalkan memimpin rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di beberapa provinsi untuk membahas masalah pengentasan kemiskinan ekstrem.

Setelah melakukan kunjungan kerja di Maluku kemarin, pada Kamis (14/10) pagi ini Ma'ruf sudah bertolak menuju Papua Barat. Lalu selepas salat Jumat di Masjid Kodam XVIII Kasuari, Ma'ruf dan rombongan baru melakukan perjalanan ke Jayapura, Papua untuk memimpin rapat terkait kemiskinan ekstrem sekaligus menutup PON XX Papua.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru