Eks Menlu Kulit Hitam Pertama AS Colin Powell Tutup Usia, Begini Sosok Mendiang di Mata Joe Biden
Dunia

Presiden AS Joe Biden turut berbelasungkawa atas kematian Colin Powell. Ia menyebut Powell sebagai orang yang berani mendobrak batas-batas rasial dan membela orang lain.

WowKeren - Mantan Menteri Luar Negeri AS Colin Powell dilaporkan telah tutup usia pada umur 84 tahun. Ia meninggal karena komplikasi COVID-19, sebagaimana diumumkan pada hari Senin (18/10).

Powell merupakan menteri luar negeri kulit hitam pertama yang pernah menjabat di Amerika ketika masa pemerintahan George W Bush dari tahun 2001 hingga 2005. Terlahir dari orang tua Jamaika, Powell lahir di New York dan dibesarkan di Bronx Selatan.

Di sana, ia dididik melalui sekolah umum sebelum dia masuk tentara melalui program pelatihan perwira perguruan tinggi. Mengumumkan kematiannya, keluarganya mengatakan mereka telah kehilangan "suami, ayah, kakek, dan orang Amerika yang luar biasa dan penyayang."

Presiden AS Joe Biden turut berbela sungkawa atas kematiannya. Bersama istrinya, Jill Biden, ia menyebut Powell sebagai orang yang berani mendobrak batas-batas rasial dan membela orang lain.


"Sangat sedih dengan meninggalnya teman baik kita dan seorang patriot dengan kehormatan dan martabat yang tak tertandingi" kata keduanya yang menambahkan bahwa Powell telah "berulang kali mendobrak batasan rasial (dan) mengobarkan jejak untuk orang lain."

Biden melanjutkan dalam pernyataannya bahwa Powell merupakan sosok yang menunjukan kepadanya bahwa untuk menjaga perdamaian dan kemakmuran tidak cukup jika hanya mengandalkan kekuatan militer. "Colin memimpin dengan komitmen pribadinya pada nilai-nilai demokrasi yang membuat negara kita kuat," lanjutnya.

Powell yang merupakan veteran Perang Vietnam, semasa hidupnya telah menghabiskan 35 tahun di Angkatan Darat. Ia kemudian naik ke pangkat jenderal bintang empat sebelum menjadi ketua Kepala Staf Gabungan Kulit Hitam pertama.

Sementara itu, pihak keluarga Powell mengatakan bahwa mendiang telah mendapat vaksinasi penuh terhadap virus corona. Ajudan Lama Powell Peggy Cifrino mengatakan dia juga telah dirawat selama beberapa tahun untuk multiple myeloma, kanker darah yang mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Sedangkan menurut penelitian, pasien yang memiliki gangguan kesehatan semacam ini tidak mendapatkan perlindungan dari COVID-19 sebanyak orang yang lebih sehat. Untuk menghormati kepergian Powell, bendera di gedung-gedung pemerintah dikibarkan setengah tiang, termasuk Gedung Putih, Pentagon, dan Departemen Luar Negeri.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru