Taliban Akhirnya Izinkan Nakes Afghanistan Gelar Vaksinasi Polio Door-to-Door
AFP/Asif Hassan
Dunia

Program yang dimulai pada 8 November 2021 ini merupakan yang pertama kali sejak 3 tahun. Sebab sampai sekarang Afghanistan dan Pakistan menjadi negara yang masih menghadapi endemi polio.

WowKeren - Hingga kini Pakistan dan Afghanistan menjadi negara terakhir di dunia yang masih endemi polio. Diketahui penyakit ini telah memiliki vaksin polio yang di beberapa negara wajib diberikan kepada anak-anak.

Polio sudah hampir diberantas di seluruh dunia. Namun kurangnya akses vaksinasi hingga kekhawatiran adanya intervensi asing menyebabkan vaksinasi polio massal di Afghanistan dan beberapa area Pakistan jadi terhambat.

Namun per Senin (18/10) waktu setempat, pekerja kesehatan di Afghanistan mendapat restu untuk menggelar vaksinasi polio door-to-door mulai bulan depan. Pemerintahan Taliban, yang kini menguasai Afghanistan, sepakat untuk mendukung kampanye pemberantasan polio ini, demikian disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF.

"WHO dan UNICEF menyambut keputusan pimpinan Taliban," kata kedua badan dunia tersebut, dikutip dari Al Jazeera, Selasa (19/10). "Yang mendukung dimulainya kembali vaksinasi polio dari rumah ke rumah di Afghanistan."


Otoritas mencatat terdapat satu kasus virus polio liar yang dilaporkan di Afghanistan sejak awal tahun. Mereka pun berpandangan ini sebagai kesempatan luar biasa untuk memberantas polio.

"Memulai kembali vaksinasi polio sekarang sangat penting untuk mencegah kebangkitan polio yang signifikan di dalam negeri," jelas kedua badan PBB tersebut. "Dan mengurangi risiko penularan lintas batas dan internasional."

Keputusan ini pun disambut baik karena merupakan yang pertama dalam 3 tahun. Sedianya program akan dimulai pada 8 November 2021, dengan target mencapai lebih dari 3 juta anak-anak terutama yang berada di area sulit diakses.

"Keputusan ini akan memungkinkan kami untuk membuat langkah besar dalam upaya pemberantasan polio," tutur Perwakilan UNICEF di Afghanistan, Hervé Ludovic De Lys, dalam sebuah pernyataan. "Untuk menghilangkan polio sepenuhnya, setiap anak di setiap rumah tangga di Afghanistan harus divaksinasi, dan dengan mitra kami, inilah yang akan kami lakukan."

Taliban juga sepakat untuk menggelar kerjasama dengan Pakistan, masih dalam upaya pemberantasan polio, yang dimulai pada Desember 2021. Di sisi lain, Taliban masih terus "diserang" karena dianggap tidak menciptakan pemerintahan yang inklusif termasuk untuk perempuan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts