Keren! Inovasi Rapid Tes Buatan Unpad Bakal Dipromosikan Di Ajang Dubai Expo 2021
pixabay.com
Nasional

Kabar membanggakan datang dari Indonesia yakni inovasi rapid tes buatan Universitas Padjajaran (Unpad) yang bakal dipamerkan dan dipromosikan di ajang Dubai Expo 2021.

WowKeren - Dalam melakukan pengecekan atau tes COVID-19 diketahui ada beberapa jenis, seperti rapid antigen dan RT-PCR. Belum lama ini, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, meluncurkan sebuah inovasi akan rapid tes.

Hasil inovasi rapid tes milik Unpad ini bahkan disebut akan dipamerkan dan dipromosikan di ajang Dubai Expo 2021. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sendiri berencana untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai produk khas Jabar di ajang tersebut.

Adapun inovasi pelacakan COVID-19 milik Unpad itu diberi nama Deteksi Cepat, Praktis, dan Andal (CePAD). Produk ini disebut dimasukkan ke dalam kategori unggulan Paviliun Indonesia.

Diana selaku Direktur Inovasi Unpad mengatakan bahwa CePAD direncanakan mengikuti pameran internasional Dubai Expo 2021 di bawah anjungan Indonesia Jawa Barat Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Indonesia (Kemenristek/BRIN). "Sejak kemunculannya pada tahun 2020, alat deteksi CePAD ini telah mendapatkan banyak apresiasi sebagai produk anak bangsa yang unggul," papar Diana dalam keterangan resmi, Kamis (28/10).


Lebih lanjut, Diana menuturkan bahwa inovasi CePAD ini telah masuk tes uji coba dan mendapatkan sertifikat tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Menurutnya, dengan adanya inovasi ini, menunjukkan bahwa Indonesia telah siap dan mandiri dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Sebelum dibawa ke Dubai, kata Diana, rencananya, CePAD akan diperkenalkan terlebih dahulu kepada Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko. "Sekaligus kami memohon doa restu, khususnya kepada Pak Presiden Joko Widodo agar CePAD bisa sukses dalam ajang bergengsi di Dubai Expo 2021," tandas Diana.

Menanggapi kabar yang membanggakan itu, Moeldoko mengatakan bahwa ia mengapresiasi produk antigen itu untuk bisa bersaing di pasar internasional. Ia pun lantas menegaskan akan menyampaikan kabar gembira itu kepada Jokowi.

Sebagai informasi, CePAD ini merupakan produk kebanggaan Jabar, yang siap diproduksi sebanyak tiga juta unit untuk memenuhi kebutuhan di dalam maupun luar negeri. Ke depannya, produk tersebut diharapkan bisa menjadi komoditas ekspor unggulan Indonesia. Saat ini, CePAD dipegang oleh PT Usaha Bersama Jabar (UBJ) yang merupakan anak usaha PT Jasa Sarana selaku distributor utama.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait