Hujan Deras Picu Banjir Mematikan di Sri Lanka dan India, 41 Orang Tewas
AFP
Dunia

Saat monsun timur laut India bertiup, hujan lebat juga turun di India selatan di seluruh Tamil Nadu minggu ini. Banjir menewaskan sedikitnya 16 orang di negara bagian itu.

WowKeren - Hujan deras yang menggenangi beberapa bagian Sri Lanka dan India tenggara minggu ini menyebabkan banjir parah dan tanah longsor. Bencana ini telah menyebabkan sedikitnya 41 orang tewas di seluruh wilayah.

Pada akhir pekan lalu, sejumlah wilayah di Sri Lanka diguyur hujan lebat hingga awal pekan ini, dengan lebih dari 4 inci dilaporkan di beberapa daerah. Menurut prakiraan AccuWeather, hujan deras sejak itu pindah ke luar negeri kendati demikian hujan dan badai petir masih bisa bertahan sepanjang akhir pekan.

Saat monsun timur laut India bertiup hujan lebat juga turun di India selatan di seluruh negara bagian Tamil Nadu minggu ini. Menurut Menteri Penanggulangan Bencana Negara KKSSR Ramachandran banjir menewaskan sedikitnya 16 orang di negara bagian itu.

Monsun timur laut India adalah kejadian tahunan yang memompa uap air dari Teluk Benggala ke India tenggara selama musim gugur dan awal musim dingin yang dapat mengakibatkan hujan lebat dan banjir. Juga tidak jarang siklon tropis berkembang melintasi Teluk Benggala selatan dan bergerak ke India tenggara selama monsun timur laut.


Pada Kamis (11/11), Departemen Meteorologi India mengeluarkan peringatan merah untuk hujan lebat di sebagian Tamil Nadu. Peringatan merah adalah tingkat peringatan tertinggi yang dikeluarkan IMD, dan ini menunjukkan risiko signifikan terhadap kehidupan yang mungkin terjadi.

CNN melaporkan hujan deras menyebabkan kerusakan pada sekitar 1.300 rumah di seluruh Tamil Nadu dan menggenangi lebih dari 100.000 hektar lahan pertanian. Sun News melaporkan akibat banjir dan angin kencang, 61.700 penduduk tidak mendapat aliran listrik pada hari Kamis di Chennai.

"Curah hujan akan turun di India selatan pada hari Jumat," kata ahli meteorologi senior AccuWeather Jason Nicholls. "Tetapi hujan ringan yang tersebar akan berlanjut hingga akhir pekan."

Kendati demikian, ia mengingatkan agar warga tidak lengah. Kondisi ini bisa mendukung terbentuknya depresi tropis lainnya di Teluk Benggala dan pindah ke India tenggara, menurut Nicholls. Ini bisa membawa hujan lebat, banjir, dan angin kencang ke wilayah tersebut.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait