Lumba-Lumba Berekor Palsu Bintang Film 'Dolphin Tale' Mati Karena Sakit
Instagram/cmaquarium
Dunia

Film 'Dolphin Tale' yang dirilis pada 2011, menceritakan pemulihan lumba-lumba bernama Winter dan upaya panjang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menyesuaikan ekor palsunya.

WowKeren - Seekor lumba-lumba betina bernama Winter yang membintangi film "Dolphin Tale" dilaporkan mati pada Kamis (11/11) malam di akuarium di Florida, Amerika Serikat (AS). Pejabat akuarium menyatakan Winter meninggal meski sudah dilakukan upaya penyelamatan jiwa untuk mengobati kelainan gastrointestinal.

Lumba-lumba hidung botol yang memiliki ekor palsu tersebut meninggal kala ahli perawatan hewan sedang mempersiapkannya untuk menjalani operasi di Clearwater Marine Aquarium. Selama ini, Winter memang telah lama tinggal di Clearwater Marine Aquarium.

"Meski kami patah hati dengan kematian Winter, kami terhibur mengetahui bahwa tim kami melakukan segala yang mungkin untuk memberinya kesempatan terbaik untuk bertahan hidup," ujar dokter hewan Dr. Shelly Marquardt dalam sebuah pernyataan dikutip dari AP News.

Menurut Marquardt, pihak akuarium telah bekerja dengan spesialis dan ahli mamalia laut dari seluruh negeri. Namun Winter yang dalam kondisi kritis dan menurun akhirnya mati dalam pelukan pengasuhnya.

Meninggalnya Winter ini membuat akuarium tersebut ditutup pada Jumat (12/11) untuk memberikan waktu berkabung bagi para staf-nya. Sedianya, akuarium tersebut akan ditutup pada hari Jumat untuk memungkinkan pekerjanya fokus pada perawatan medis Winter.


Sebagai informasi, Winter sebelumnya telah mengalami masalah usus yang memang kerap terjadi di kalangan lumba-lumba. Pada Kamis (11/11), James "Buddy" Powell selaku presiden akuarium mengaku masalah kesehatan tersebut tak pernah mempengaruhi Winter separah ini.

Menurutnya, Winter saat itu tidak merespons pengobatan seperti sebelumnya. Powell juga menambahkan tidak ada bukti Winter memiliki virus corona.

Sebagai informasi, ekor Winter terjerat dalam perangkat kepiting di dekat Cape Canaveral kala lumba-lumba itu masih berusia dua bulan. Hal ini membuat ekornya harus diamputasi.

Film "Dolphin Tale" yang dirilis pada 2011, menceritakan pemulihan Winter dan upaya panjang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menyesuaikan ekor palsunya. Film yang dibintangi oleh Morgan Freeman tersebut sebagian besar mengambil gambar di akuarium Clearwater dan sekitar lokasi Tampa Bay.

Kisah rehabilitasi Winter ini telah menjadi inspirasi bagi penyandang disabilitas di seluruh dunia. Pihak akuarium juga telah menerima ribuan pesan dukungan sejak penyakit Winter diketahui.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait