Pemerintah Brasil Gandeng Elon Musk Bangun Internet Desa Pantau Deforestasi Amazon
pixabay.com/Ilustrasi/deltreehd
Dunia

Pemerintah Brasil mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keduanya berbicara tentang bagaimana SpaceX dan Starlink, dapat membantu memantau hutan hujan Amazon.

WowKeren - Hutan hujan Amazon telah diketahui memainkan peranan penting dalam menyeimbangkan iklim global. Namun, deforestasi atau kebakaran yang terjadi di kawasan tersebut telah memicu kekhawatiran.

Miliarder Elon Musk dan Menteri Komunikasi Brasil Fabio Faria telah membuat kesepakatan pada hari Selasa (16/11) di Austin. Mereka membahas kemitraan potensial yang akan memanfaatkan teknologi SpaceX untuk menyediakan internet ke sekolah-sekolah yang ada di pedesaan. Tak hanya itu, kesepakatan itu juga diharapkan mampu mengurangi deforestasi ilegal.

Pemerintah Brasil mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keduanya berbicara tentang bagaimana SpaceX dan Starlink dapat membantu memantau hutan hujan Amazon terkait penebangan ilegal. Starlink merupakan layanan broadband satelit yang ditawarkan oleh perusahaan. Kerja sama itu juga sekaligus untuk menyediakan koneksi internet ke sekolah dan pusat kesehatan terpencil.


"Kami sedang bekerja untuk menjalankan kemitraan penting antara pemerintah Brasil dan SpaceX," kata Faria. "Tujuan kami adalah untuk membawa Internet ke daerah pedesaan dan tempat-tempat terpencil, selain membantu mengendalikan kebakaran dan deforestasi ilegal di hutan hujan Amazon."

Senada dengan Faria, Musk juga mengatakan bahwa keberadaan internet mampu mendukung upaya pelestarian hutan Amazon. "Dengan konektivitas yang lebih baik, kami dapat membantu memastikan pelestarian Amazon," kata Musk.

Sebelumnya pada KTT Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa di Glasgow, Brasil bersikeras bahwa mereka telah meningkatkan pengelolaan Amazon. Negara ini bersumpah untuk mengakhiri deforestasi ilegal pada tahun 2028 mendatang yang mana ini adalah dua tahun lebih awal dari target sebelumnya.

Namun, tak sedikit dari kalangan ilmuwan, diplomat, dan aktivis yang meragukan komitmen tersebut. Hal itu mengingat bagaimana deforestasi telah melonjak di bawah presiden yang menjabat saat ini, Jair Bolsonaro.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru